Segera Isi PLH Bupati OKU

0
250
Pengamat Politik dan Sosial Sumsel, Bagindo Tegar

 

 

RADAR  PALEMBANG – Meninggalnya bupati OKU Kuryana Aziz mengejutkan publik di Sumsel. Sedangkan Wakil Bupati Johan Anuar mendekam di lapas pakjo karena dugaan korupsi lahan kuburan yang menjalani tahanan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Gubernur harus segera menetapkan Pelaksana Tugas Harian (PLH) Bupati OKU.

“Tentunya kita turut berduka cita atas meningggalnya Pak Kuryana Azis Bupati OKU. Saya merinding dengar musibah ini karena kita tahu ada kekosongan kepala daerah pemerintahan di OKU, mengingat Johan Anuar Wabupnya tengah menjalani tahanan KPK. Gubernur segera menetapkan Sekda OKU untuk menjadi Plh,”kata pengamat Sosial Politik Drs Bagindo Togar BB, Kemarin (8/3).

Plh ini kata Bagindo, merupakan upaya agar tidak terjadi kekosongan dan normalnya kembalu jabatan di Pemkab OKU. Dan musibah yang menimpa di OKU ini menurutnya tragis dan memilukan secara politik.

“Upaya ekstra kerja kerasnya Paslon Pak Kuryana Azis dengan Johan Anuar yang berhasil kembali mencalonkan dan terpilih kembali sebagai calon tunggal. Itu tragis dan luar biasa untuk karir politik bisa melanjutkan pemerintahannya. Baik dari cost politik, soal emosi,” kata mantan Ketua Ikatan Alumni Fisip Unsri.

Selain menunjuk Plh Bupati OKU, Pemerintah Provinsi Sumsel tentunya melaporkan kondisi Pemerintahan OKU terkini ke Kemendagri RI. “Mohon maaf ini sebetulnya ini masih berduka. Berbeda dengan Muaraenim yang gak ada aspek dukanya. Kalau untuk jabatan keberlanjutan kepastian hukum dan politik di OKU, ini dikembalikan kepada DPRD OKU untuk melakukan konsultasi politik ke Kemendagri menyusun mekanisme pemilihan penetapan Bupati dan Wabup OKU di DPRD OKU,” katanya.

Bagindo mengatakan tanpa bermaksud mendahului status yang dijalani Wabup Johan Anuar, setelah dipastikan proses pemilihan Paslon dikembalikan ke DPRD OKU. “Sebab KPK belum pernah hasil penyelidikannya yang luput dari jeratan hukum karena lembaga anti rasua ini ekstra hati-hati penetapannya. Sehingga DPRD OKU harus siap dengan realitanya nanti,”pungkasnya. (zar)

 

LEAVE A REPLY