Segera, 12 Raperda Akan Dibahas DPRD

0
136
Ilustrasi Raperda

RADAR PALEMBANG – Juru bicara Badan Pembentukan Peraturan Daerah Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) Ahmad Toha mengatakan bahwa DPRD Sumsel segera melakukan pembahasan Raperda yang diusulkan oleh Pemprov maupun Raperda inisiatif.

Menurutnya, pada tanggal 16 Desember 2020, Gubemur / Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan dengan Surat dengan Nomor 188.34/3350/11/2020 menyampaikan usulan Program Pembentukan Peraturan Daerah Provinsi Sumatera Selatan Tahun 2021.

Setelah mendengar paparan dan penjelasan dari Pihak Eksekutif, Badan Pembentukan Peraturan Daerah Provinsi Sumatera Selatan dapat menerima dan melanjutkan untuk Pembahasan 4 (Empat) Rancangan Peraturan Daerah dan 9 (sembilan) Ranperda belum dapat ditetapkan ke dalam Propemperda Tahun 2020 dikarenakan masih diperlukan pengkajian dan penelitian lebih lanjut,” katanya.

Kemudian pada Rapat Badan Pembentukan Peraturan Daerah Provinsi juga telah disepakati bersama akan memasukkan 3 (tiga) Rancangan Peraturan Daerah Inisiatif DPRD Provinsi Sumatera Selatan sebagai luncuran dari Propemperda Tahun 2021 dan 2 (dua) Ranperda baru.

Usulan dari Gubemur Sumatera Selatan ini selanjutnya ditindaklanjuti dalam Rapat Badan Pembentukan Peraturan Daerah Provinsi pada tanggal 6 dan 7 Januari 2021 beserta OPD terkait dalam rangka penyusunan Program Pembentukan Peraturan Daerah Tahun Anggaran 2021, adapun usulan Program Pembentukan Peraturan Daerah dimaksud yaitu:

  1. Raperda tentang Perubahan Kedua atas Perda Nomor 14 Tahun 2016 tentang Pembentukan dan Penyusunan Perangkat Daerah Provinsi Sumsel.
  2. Raperda tentang Rencana Perlindungan dan PengeloIaan Lingkungan Hidup Provinsi Sumsel.
  3. Raperda tentang Pencegahan dan Penanggulangan terhadap Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika, Psikotropika dan Bahan Adiktif.
  4. Raperda tentang Jasa Konstruksi.
  5. Raperda tentang Pembahan atas Peraturan Daerah Nomor 1 Tahun 2019 tentang RPJMD Prov. Sumsel Tahun 2019-2023.
  6. Ranperda tentang Perubahan atas Peraturan Daerah Nomor 6 Tahun 2016 tentang Pembentukan BUMD Bidang Pertambangan Minyak dan Gas Bumi.
  7. Raperda tentang Pendirian BUMDSPAM Regional Sumatera Selatan. Ke 8 Ranperda tentang Perubahan Kedelapan atas Peraturan Daerah Nomor 4 Tahun 2012 tentang Retribusi Jasa Usaha.
  8. Ranperda tentang Perubahan Kedua atas Peraturan Daerah Nomor 3 Tahun 2011 tentang Pajak Daerah.
  9. Ranperda tentang Pengelolaan Keuangan Daerah Provinsi Sumsel.
  10. Ranperda tentang Pertanggungjawaban Pelaksanaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Provinsi Sumatera Selatan Tahun Anggaran 2020.
  11. Raperda tentang Perubahan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Provinsi Sumatera Selatan Tahun Anggaran 2021.
  12. Raperda tentang Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Provinsi Sumatera Selatan Tahun Anggaran 2022.

(zar)

 

 

LEAVE A REPLY