Satu PDP di PALI Hasil Swab Positif, Warga Jangan Panik

0
4830

RADAR PALEMBANG – Juru bicara Gugus tugas percepatan penanggulangan Covid-19 kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) dr Zamir menyatakan bahwa hasil swab tes terhadap salah satu warga PALI yang dinyatakan Pasien Dalam Pengawasan (PDP) telah keluar dan hasilnya menyatakan positif.

“BBLK telah mengeluarkan hasilnya yang kemudian diteruskan ke rumah sakit Bunda Prabumulih lalu disampaikan ke Kepala Dinkes PALI. Hasilnya positif, dan saat ini PDP tersebut masih dirawat di RS Bunda. Meski demikian, kami masih menunggu pernyataan resmi dari jubir provinsi Sumatera Selatan,” ungkap dr Zamir, Selasa (26/5).

Gugus tugas percepatan penanggulangan Covid-19 kabupaten PALI juga saat ini masih menunggu hasil swab tes lainnya. Dimana dikatakan dr Zamir bahwa pihaknya telah mengirim sampel untuk swab terhadap 16 warga.

“Atas keluarnya hasil swab yang menyatakan positif, kami terus telusuri warga yang bersentuhan langsung dengan PDP bersangkutan untuk kemudian kita lakukan rapid tes,” tukasnya.

Sementara itu, ketua gugus tugas percepatan penanggulangan Covid-19 kabupaten PALI Junaidi Anuar menyebut pihaknya akan bergerak cepat dalam upaya menanggulangi dan memutus rantai penyebaran virus corona.

“Kita fokus mengumpulkan data siapa-siapa warga yang bersentuhan langsung dengan PDP yang dinyatakan positif Covid-19, terutama orang terdekatnya. Karena masih ada dua orang lagi pihak keluarganya belum dilakukan SWAB tes. Namun dengan kejadian ini, kita lakukan langsung pengambilan sampel untuk swab,” terang Junaidi.

Dengan keluarnya kasus pertama Covid-19 di PALI itu, Junaidi tetap mengimbau masyarakat untuk tetap tenang dan tetap lakukan pola hidup sehat juga patuhi protokol kesehatan.

“Jangan panik, apalagi menambah kepanikan masyarakat dengan menyebar informasi yang belum jelas. Kalau ada yang dinyatakan positif, kita beri semangat orang bersangkutan serta keluarganya karena corona bukan aib. Bagi masyarakat PALI, kami ajak mari bersatu padu mencegah virus corona dengan patuhi protap, yakni tetap di rumah, pakai masker apabila keluar rumah serta budayakan cuci tangan pakai sabun,” sarannya. (whr)

LEAVE A REPLY