Sampoerna Agro Sukseskan ‘Zero Accident’

0
462

RADAR PALEMBANG – PT Sampoerna Agro, Perkebunan Kelapa Sawit di Kabupaten Ogan Komering Ilir menghelat upacara peringatan bulan K3 (Keselamatan dan Kesehatan Kerja) Nasional bertempat di Kebun Belida Desa Sumber Baru – Kecamatan Mesuji Raya pada Rabu (20/2).
Kegiatan ini dihadiri sekitar 300 peserta apel. Bertindak sebagai inspektur upacara, Kepala Dinas Tenaga kerja dan Transmigrasi – Provinsi Sumatera Selatan H Koimudin, yang dalam amanatnya mengatakan bahwa K3 merupakan aspek penting dalam mewujudkan kemandirian masyarakat Indonesia dan turut mendukung stabilitas ekonomi nasional.
“Kami mengapreasiasi Sampoerna Agro yang terus berpartisipasi menyukseskan target Pemerintah untuk ‘zero accident’ dimana aspek keselamatan ini juga sangat terkait erat dengan produktivitas kerja serta berdampak terhadap penurunan kemiskinan. Ini sejalan dengan target Sumsel di kepemimpinan Bapak Herman Deru yang akan terus menekan angka kemiskinan hingga dibawah 9 persen,” ungkapnya.
Senada dengan itu, Eldi Nuzan selaku Koordinator GM PT Sampoerna Agro Sumatera region mengimbuhkan, di Sampoerna Agro, K3 harus dilaksanakan berdasarkan kesadaran, lebih proaktif mencapai zero accident, bukan sekedar ada SOP kerja, justru harus melampaui kepatuhan regulasi yg ada. Sehingga produktivitas usaha bisa terus meningkat dan aset terjaga dengan baik. Termasuk memperlakukan Karyawan dan keluarganya secara lebih layak.
“Tepat jika tadi dikatakan bahwa K3 sangat fundamental dalam terwujudnya kesejahteraan terhadap karyawan dan keluarganya, terutama dalam mencapai angka ‘nihil kecelakaan kerja’. Termasuk dalam perjanjian kerja kami dengan para kontraktor pun ada klausul agar selalu mematuhi K3. Bagi kami K3 sebagai salah satu spirit tanggung jawab sosial Perusahaan (CSR) yang mendekatkan pada kemandirian sesuai tema peringatan bulan K3 nasional yang dicanangkan Pemerintah Pusat tahun ini. Untuk diketahui, Sampoerna Agro telah 3 tahun berturut-turut meraih penghargaan Sriwijaya CSR Award dari Gubernur Sumsel dalam upayanya turut andil menanggulangi kemiskinan,” pungkas Eldi.
Turut hadir sebagai undangan, Kepala Cabang BPJS Ketenagakerjaan Palembang, Bapak Asran Pane, unsur Tripika Kecamatan Mesuji Raya dan Kepala Desa di lingkar Perusahaan.
Kegiatan ditutup dengan demonstrasi tindakan pertama pada kecelakan kerja yang diperagakan oleh paramedis Perusahaan, serta pengumuman pemenang kebun & pabrik dengan implementasi K3 terbaik di lingkungan kerja PT Sampoerna Agro. (rel)

gambar 1.Penyerahan pemenang implementasi K3 terbaik di kebun dan pabrik Sampoerna Agro

gambar 2. Kadisnakertrans Prov. Sumsel memimpin upacara bulan K3 Nasional di PT. Sampoerna Agro

LEAVE A REPLY