Sambut New Normal, WOM Finance Sumbagsel  Restrukturisasi 3.528 Konsumen

0
292
Suasana front linier kantor WOM Finance Palembang.

RADAR PALEMBANG – Ditengah pandemik Covid-19, pertumbuhan ekonomi secara global tertekan di beberapa sektor, tidak terkecuali dengan PT Wahana Ottomitra Multiartha Tbk (WOM Finance) Regional Sumatera Bagian Selatan (Sumbagsel).

“WOM Finance khususnya Sumbagsel terus berupaya agar kinerjanya tetap stabil dan terjaga,”kata Audi Pramadita Putra, Business unit Head Regional Sumbagsel, Senin (22/6).

Berbagai langkah, kata dia, telah dilakukan antara lain meningkatkan efisiensi dan efektifitas operasional di setiap cabang dengan menerapkan Strategic Cost Management Program secara berkelanjutan, memperkuat fundamental dan infrastruktur IT melalui Core System yang baru serta meningkatkan produktifitas dan kualitas tenaga pemasaran dan penagihan.

Selain menjaga stabilitas kinerja cabang, WOM Finance tetap memperhatikan kualitas layanan terhadap pelanggannya. Sesuai dengan anjuran Pemerintah dan Otoritas Jasa Keuangan, WOM Finance telah memberikan program restrukturisasi terhadap pelanggan yang terdampak langsung Covid-19.

Audi menjelaskan program restrukturisasi ini diberikan kepada pelanggan yang terdampak langsung Covid-19 dibeberapa sektor. “Kami berharap dengan adanya program tersebut dapat memberikan kemudahan dan keringanan pembayaran disaat  kondisi pandemi ini,”kata dia.

Sampai dengan akhir Mei 2020, sambung Audi, WOM Finance Regional Sumbagsel mencatatkan jumlah restrukturisasi kredit konsumen yang terimbas Covid-19 mencapai 5.586 atau sebesar Rp 95,5 miliar.

“Dari pengajuan yang masuk, restrukturisasi yang disetujui sebesar 3.528 konsumen dengan jumlah Rp 65,9 miliar. Sedangkan yang sedang on process ada 1.511 konsumen dengan jumlah mencapai Rp 22,9 miliar,”jelas dia.

Diperkirakan pengajuan restrukturisasi kredit di WOM Finance akan bertambah akibat penyebaran corona yang masih belum berhenti. Khususnya bagi konsumen yang terkendala dalam menjalankan kewajibannya.

Secara umum, kata dia, restrukturisasi tidak secara otomotis bisa diberikan karena harus diajukan lebih dulu oleh debitur, yang kemudian dilakukan analisa dan verifikasi. Selain program restrukturisasi pembiayaan, sebagai wujud kepedulian WOM Finance terhadap sesama ditengah pandemik Covid-19 ini, WOM Finance Regional Sumbagsel telah menyelenggarakan serangkaian program Corporate Sosial Responsibility (CSR) berupa penyaluran paket sembako secara berkala sejak bulan April 2020.

Hingga saat ini WOM Finance telah menyalurkan lebih dari 10.000 paket sembako dengan pendistribusian melalui kantor cabang secara nasional. “Melalui bantuan sosial yang telah disalurkan, kami berharap dapat meringankan beban mereka yang terdampak pandemik secara langsung. Setiap tahun WOM Finance rutin menyelenggarakan kegiatan sosial, namun berbeda dari tahun sebelumnya, kami fokus menyalurkan bantuan kepada pelanggan dan masyarakat yang terdampak langsung Covid-19,” ujarnya.

Menghadapi New Normal WOM Finance Regional Sumbagsel telah bersiap dengan sejumlah aturan menjelang penerapan ‘new normal’ di masa pandemi Covid-19 sesuai dengan arahan dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK), seperti pemakaian masker, cuci tangan dan jaga jarak.

Untuk di kantor cabang, bagi para frontliner yang berhadapan langsung dengan konsumen, WOM Finance sudah menyiapkan face shield sebagai salah satu SOP dalam pelayanan.  “Di tiap cabang juga disiapkan jadwal berkala penyemprotan disinfektan, sebagai langkah antisipasi penyebaran Covid-19 di lingkungan kerja,”ungkap dia.

Ia menambahkan, meski kantor cabang WOM Finance beroperasi dengan SOP tersebut di atas selama new normal, perusahaan tetap mengimbau konsumen agar memanfaatkan layanan digital untuk pembayaran angsuran.

Selain itu, sambung dia, juga dapat menggunakan saluran pembayaran alternatif lainnya, sehingga kunjungan konsumen ke kantor dapat terkendali sesuai protokol kesehatan antisipasi Covid-19.

“Bagi pelanggan yang ingin mengajukan program restrukturisasi atau ingin mengetahui detail program restrukturisasi WOM Finance dapat mengunjungi website WOM  Finance www.wom.co.id atau Contact Center 0804-1-123-888 dan kantor cabang terdekat,”jelas dia.

WOM Finance akan melakukan proses analisa dan verifikasi terhadap permohonan pengajuan restrukturisasi seluruh pelanggan disesuaikan dengan kondisi dan jenis usaha pelanggan. (dav)

 

LEAVE A REPLY