Rumah Zakat Tebar 17.000 Benih Ikan di Desa Berdaya

0
268

RADAR PALEMBANG Dalam rangka memeriahkan Hari Kemerdekan RI ke-75, Rumah Zakat melakukan kegiatan tebar benih ikan sejumlah 17.000 ekor benih, yang terdiri dari ikan lele dan ikan nila. Pelaksanaan kegiatan tebar 17 ribu benih ikan ini dilaksanakan bertepatan dengan Hari Kemerdekaan RI yaitu pada tanggal 17 Agustus, yang ditebar di dua belas desa berdaya yang terletak di sepuluh Kabupaten/Kota di empat provinsi, diantaranya Desa Bukik Sikumpa (Provinsi Sumatera Barat), Desa Bukit Baru (Provinsi Sumatera Selatan), Desa Sendawar (Provinsi Kalimantan Timur), Desa Pendem, Desa Sempu, Desa Brumbung, Desa Margada, Desa Cendana, Desa Kembaran Kulon, Desa Bumijawa, Desa Manggungsari, Desa Jagung (Provinsi Jawa Tengah).

Pelaksanaan kegiatan penebaran benih ikan di lapangan sendiri didampingi oleh Relawan Inspirasi Rumah Zakat yang bertugas di desa tersebut. Kegiatan penebaran benih ikan ini juga bertujuan sebagai ketahanan pangan, khususnya dari pangan asal hewani yaitu ikan nila dan ikan lele. Kandungan gizi yang terkandung dalam ikan lele maupun ikan nila sangat baik bagi ibu hamil dan bayi diantaranya adalah omega 3, protein, vitamin B12, dan fosfor.

Disamping penebaran benih ikan, Rumah Zakat juga memberikan bantuan dalam hal pakan. Selain melakukan tebar benih ikan, pada bulan Agustus ini, pembudidaya ikan lele binaan Rumah Zakat program bantuan benih ikan juga berhasil memanen ikan lele hingga mencapai 997 Kg atau 9,97 Kwintal. Semangat Kemerdekaan diharapkan juga menghadirkan kemerdekaan pangan di desa. Semoga 17 ribu ekor benih ikan yang ditebar 3 bulan akan dapat dipanen dan dimanfaatkan untuk pemenuhan ketahanan pangan di Desa Berdaya.(rel)

LEAVE A REPLY