RSUD Kekurangan Darah

0
863

84fdcf6b

KAYU AGUNG, RS – Banyaknya pasien yang datang kerumah sakit umum daerah Kayu Agung Kabupaten Ogan Komering Ilir(OKI) mulai dari wilayah Kabupaten OKI bahkan OI membuat sebagian petugas tranfusi darah ketetaran, pasalnya hingga saat ini stok darah yang ada dirumah sakit sering kosong karena tidak ada pendonor tetap.

Rumah sakit umum Kayu Agung OKI merupakan salah satu rumah sakit yang sudah mempunyai fasilitas lengkap, pasiennya yang dating untuk berobat tergolong banyak bukan saja masyarakat OKI saja namun sampai diluar Kabupaten OKI seperti Kabupaten Ogan Ilir ataupun OKU Timur.

Menurut salah satu pasien rawat inap RSUD Kayu Agung Lina, jika pasilitas di RSUD Kayu Agung dinilai sudah baik namun kadang hanya terkendala dengan stok darah yang terbatas.

“Kami biasanya meminta kepada pihak rumah sakit untuk memintakan darah ke PMI RSUD Palembang dan seandainya stok disana kosong terpaksa mendonor mencari pendonor sendiri,” ujarnya.

Kepala Unit Tranfusi Darah RSUD OKI, Eti Kus Endang, SKM mengatakan, dalam satu bulan, pasien rawat inap yang ada di di rumah sakit umum daerah (RSUD) Kayu Agung OKI membutuhkan darah setiap bulannya sekitar 200 kantong.

“Sayangnya stok darah tersebut sering kosong, terpaksa pihaknya harus meminta ke PMI rumah sakit umum daerah Palembang, atau melalui donor keluarga pasien sendiri,” jarnya.

Ia mengaku saat ini memang di RSUD Kayu Agung OKI belum ada pendonor tetap, ya jika ada pasti lebih mempermudah pasien untuk mendapatkan darah, saat ini menurutnya RSUD butuh pendonor tetap minimal 50 orang. Jelasnya. (eml).

LEAVE A REPLY