Rp 81 M Untuk Bangun Rupit

0
91

 

RADAR PALEMBANG, – Pemerintah Kabupaten Musi Rawas (Mura) anggarkan Rp 81 miliar untuk pembangunan di Kecamatab Rupit. Dengan prioritas pembangunan infrastruktur dasar dan pengembangan ibu kota kabupaten.

Hal tersebut berdasarkan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Kecamatan Rupit Kabupaten Muratara, yang dihadiri Ketua DPRD Muratara, Efriansyah., Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda), Erwin Syarif, dan perwakilan Dinas Pendidikan dan Dinas Kesehatan, di Aula Pertemuan kecamatan, Senin (11/2).

Camat Rupit, Asma’Un menyampaikan, pelaksanaan Musrenbang kemarin merupakan lanjutan Musrenbang dari seluruh desa dan kelurahan yang mana ada 16 desa dan satu kelurahan. “Sebelumnya, kami telah melakukan Musrenbang tingkat desa dan semua usulan pembangunan baik dari desa maupun dari kelurahan telah kami rekap semuanya,” kata Asma’Un, kemarin.

Kepala Bappeda Kabupaten Muratara,  Erwin Syarif menegaskan, dalam hal usulan pihaknya menerima dari rangkuman oleh seluruh desa dan kelurahan yang disampaikan oleh camat. Namun menurutnya masih banyak usulan belum mengacu pada skala prioritas.

“Untuk itulah, kita minta kepada camat agar rembuk kembali melakukan pembahasan untuk rencana pembangunan tahun 2020 mendatang,”kata Erwin Syarif, seraya  menjelaskannya,  dalam hal rencana pembangunan tidak bisa berdasarkan kebutuhan bukan berdasarkan keinginan.

Sementara itu, Ketua DPRD Muratara, Efriansyah mengatakan untuk pembangunan sudah hampir 90 persen merata keseluruh kecamatan di wilayah Kabupaten Muratara. Namun secara struktur kita memprioritaskan daerah terpencil.

“Tahun 2020 pihaknya bersama eksekutif telah menganggarkan  di Kecamatan Rupit sebesar Rp. 81 Miliar, harapannya dapat tepat sasaran dan sesuai skala prioritas,” sebut dia.

Mengenai adanya usulan pembangunan gapura dan jalan setapak, Efriansyah mengharapkan menggunakan Dana Desa (DD). “Kita fokus infrastruktur dasar, kalau untuk bangun gapura desa  dan jelan setapak mungkin cukup pakai anggaran DD, kita juga berhatap agar Kades memberdayakan para petugas agama,”imbuhnya. (rd3)

 

LEAVE A REPLY