Ribuan Umat Buddha Hadiri Imlek Bersama Vihara Dharmakirti

0
471

 

 

 

RADAR PALEMBANG, Perayaan Sin Cia bersama yang digelar Vihara Dharmakirti Palembang berlangsung dengan rasa kebersamaan. Pasalnya tokoh lintas agama dan instansi terkait seperti dari Kantor Kemenang Kota Palembang, Pembimas Budha Sumsel, Kapolresta Palembang, AKBP Wahyu Bintoro Hari Bawono dan Dandim 0418 Palembang, Letkol (Inf) Ferdi Prastiyono menambah suasana meriah perayaan Sin Cia yang juga dihadiri ribuan umat.

“Sin Cia bersama ini, sudah terjadwal jadi agenda rutin tahunan setiap masa pergantian tahun. Bahkan Kapolrsta Palembang dan juga ┬áDandim 0418 Palembang. Dan kemeriahaan semakin terasa, apalagi yang hadir ini hanya sebagian kecil dari umat yang bisa dan memiliki waktu,” ungkap Raveli, ketua panitia Pelaksana Imlek Bersama 2568 Vihara Dharmakirti didampingi ketua Vihara Dharmakirti Darwis Hidayat dan Hindralili Ketua MBI Sumsel, kemarin (4/2).

Bahkan diakui Raveli, tradisi Sin Cia ini sudah jadi dan ada sejak 10 tahhun lalu. Namun memang, setiap tahun baru Imlek 2568 selalu menggelar Sin Cia bersama. Bahkan, setiap tahunnya jumlah umat yang merayakan Sin Cia di Vihara Dharmakirti selalu meningkat terutama yang mengajak keluarga. Selain makanan yang dibawa oleh umat, pihak panitia juga menyiapkan kuliner dengan citarasa lokal namun juga vegetarian alias tidak ada unsur daging. ” Tahun ini, sekitar 1500 umat yang hadiri. Bahkan Sin Cia bersama ini, termasuk agenda rutin tahunan dan/atau makanannya juga sehat. Ini karena menyiapkan menu vegetarian dengan cita rasa lokal,” bebernya.

Sementara itu, Kapolresta Palembang, AKBP Wahyu Bintoro Hari Bawono yang ditemui koran ini seusai menghadiri perayaan Sin Cia bersama di Vihara Dharmakirti mengatakan, perayaan ini sebagai bentuk ungakapan rasa syukur terhadap tuhan. Namun begitu, dirinya merasa bersyukur bahwasanya pelaksanaan imlek sejauh ini berjalan kondusif, aman dan tertib serta tanpa ada gangguan. “Alhamdulillah selama ini suasana di Kota Palembang lebih khusus pada saat perayaan imlek tidak ada ganggung dan berjalan kondusif,” tegasnya.

Untuk itu, sebagai aparat kepolisian dan seluruh pengurus vihara berharap agar selamanya kondisi yang sudah aman dan kondusif ini terus terjaga. Baik itu pada saat perayaan imlek atau juga di hari-hari biasa. Paling tidak, diakuinya, semua elemen masyarakat dapat terus bergandengan tangan dan menyatukan satu tujuan untuk dapat mewujudkan kerukunan antar umat beragama. “Kalau ini bisa dilaksanakan tentu akan berdampak baik dalam hal kehidupan beragama, berbangsa dan bernegara,” terangnya diamini Dandim 0418 Palembang, Letkol (Inf) Ferdi Prastiyono.

Karena itu, melalui momen perayaan sin cia bersama ini, akan memupuk rasa kebersamaan diantara umat beragama. Terlebih lagi di tengah kondisi saat ini, kerukunan antar umat beragama harus terus dilakukan. Baik itu sebelum ataupun sesudahnya. “Kita sama-sama berharap kondisi Sumsel dan Palembang agar tetap kondusif. Dan ini yang harus tetap kita pelihara,”jelasnya. (sep)

 

LEAVE A REPLY