RG Srikandi Mahardika Buka Pendidikan Seni Gratis

0
163

RADAR PALEMBANG – Yayasan Rumah Gerakan (RG) Srikandi Mahardika yang menaungi Lembaga Pendidikan dan Sosial Pemuda Bersatu resmi dilaunching, Rabu (18/3). Yayasan yang dipentukkan bagi anak-anak mulai dari usia tujuh tahun hingga batas usia SMP agar dapat belajar berbagai bidang seni secara gratis.

Sanggar seni  yang berlokasi di Jalan Pantai Musi, 13 Ulu, Kecamatan Seberang Ulu II Palembang ini mendapatkan bantuan melalui CSR PT Semen Baturaja (Persero) Tbk. Sanggar yang dibuka untuk pertama kali ini direncanakan  akan disebar di beberapa titik per kecamatan bahkan kelurahan.

Galuh Situresmi,  Ketua Yayasan RG Srikandi Mahardika menuturkan, ini merupakan peresmian sanggar pertama,  selanjutnya ditargetkan di setiap kecamatan. “Rencana yayasan kami ingin membuka sanggar seni di beberapa titik wilayah per kecamatan bahkan kalau situasi memungkinkan per kelurahan.

Ditambahkannya,  yayasan ini posisinya seperti rumah yang menaungi beberapa lembaga-lembaga pendidikan,  dimana bisa mengkoordinir beberapa sanggar belajar dalam satu pintu.

“Yayasan ini fungsinya untuk menaungi dan menurunkan program-program serta mengontrol kegiatan-kegiatan di yayasan,” ujarnya.

Galuh juga mengharapkan ke depannya pemerintah juga bisa menyambut kerjasama dalam bentuk materil maupun moril, tidak hanya dari BUMN saja seperti yang sudah dilakukan oleh PT Semen Baturaja.  “Menyambut era revolusi 4.0 ini harus menghasilkan SDM yang berkualitas dimana  harus dilatih dari sejak dini,” tambahnya.

Sementara Vice President  Human Resources PT Semen Baturaja (Persero)  Tbk,   Fitria Margaretha menilai kegiatan ini sangat positif  dimana bisa berbagi dengan anak-anak di kalangan 13 Ulu sehingga bukan hanya pendidikan formal yang didapat tapi juga non formal.

“Kami sangat mendukung sekali dan memberikan apresiasi terkait adanya sanggar seni ini. Insya Allah kalau terlihat hasilnya sangat positif bagi masyarakat sekitar sini, mungkin kami secara kontinu akan memberikan bantuan,” jelasnya.

Di tempat yang sama,  Camat Seberang Ulu II, Rachman H Pane menyambut baik adanya sanggar seni ini sebagai langkah positif dan akan dijadikan contoh untuk dilaksanakan di enam kelurahan lainnya yang tujuannya untuk pemberdayaan masyarakat , terutama untuk memberdayakan anak-anak putus sekolah.

“Semoga kegiatan ini bisa terus dilaksanakan. Ini juga salah satu yang mengangkat kegiatan aktif di kecamatan.  Pemerintah kecamatan memberikan support penuh baik dari segi perizinan, dari segi komunikasi dengan OPD terkait serta diknas dalam hal ini Diknas Sosial akan kita support penuh,” tutupnya.  (hen)

LEAVE A REPLY