Raskin Harus Tepat Sasaran

0
454
Petugas berada di tumpukan beras untuk masyarakat miskin (raskin) yang akan didistribusikan ke rumah tangga sasaran (RTS) wilayah Kabupaten Nganjuk di gudang Bulog Sub Divre V Kediri di kawasan Kedondong, Nganjuk, Jawa Timur, Rabu (29/1). Data Kementerian Koordinator Bidang Kesejahteraan Masyarakat (Menkokresra) Jumlah Rumah Tangga Sasaran Penerima Manfaat (RTS-PM) Program beras Raskin nasional 2014 sebanyak 15.530.897 rumah tangga, sama dengan RTS-PM pada tahun 2013. ANTARA FOTO/Rudi Mulya/ss/mes/14

 

RADAR PALEMBANG, –Wakil Bupati Ogan Komering Ilir (Wabup OKI) HM Dja’far Shodiq mengimbau kepada kepala desa (kades) di wilayahnya  untuk tidak tebang pilih dalam menentukan calon penerima bantuan sosial beras sejahtera (rastra).

Dijelasknnya, jangan sampai ada keluarga kades yang seharusnya tidak layak masuk sasaran bantuan tapi malah menerimanya. “Kalau ada keluarga kades yang masuk, laporkan ke saya. Bila perlu saya yang memberikan bantuan,” jelasnya.

Bila perlu, lanjut Shodiq, di rumah-rumah penerima ini diberikan plang miskin. “Kades juga jangan malu memasang ini (plang miskin),” ujarnya.

Ia berharap dapat menghasilkan data yang valid dan bisa tepat sasaran. Dengan begitu, program-program untuk mengentaskan kemiskinan ini dapat terealisasi dan angka kemiskinan semakin berkurang.

Ia juga mengajak masyarakat agar menghilangkan budaya merasa miskin. Pasalnya, berdasarkan dari pengalamannya saat menjabat sebagai kepala desa, kerap adanya warga yang berebut ingin mendapatkan dan menjadi sasaran penerima rastra. (eml)

LEAVE A REPLY