Raih Kesuksesan Bekerja Tulus dan Amanah

0
375

Salwaty, Direktur Utama Mega Wisata Tour & Travel

RADAR PALEMBANG – Mengawali karir di dunia travel agent pada tahun 1994 hingga mencapai posisi Direktur Utama di Mega Wisata Tour & Travel dilalui Salwaty dengan tidak mudah dan penuh perjuangan.

Setelah lulus dari Sekolah Menengah Industri Pariwisata, Waty biasa disapa mendapatkan tawaran bekerja di Matras Buana Raya yang merupakan tempat magang waktu bersekolah dulu.

“Awal bekerja saya mendapatkan gaji Rp60 ribu, tapi saya sudah merasa sangat senang, karena itu adalah hasil kerja keras pertama saya,” tuturnya.

Salwaty juga menceritakan pengalaman serunya ketika harus mengantarkan invoice ke salah satu hotel di seputaran Kambang Iwak. “Saking takutnya saya meminta ongkos ke bagian keuangan, saya memutuskan berjalan kaki dari kantor yang waktu itu masih di kawasan pasar Cinde,” kenangnya.

Setelah itu Waty memutuskan untuk bergabung dengan Mega Wisata Tour & Travel  di kawasan Sudirman pada tahun 1999. Waty dipercaya mengelola bagian kredit. “Waktu itu saya kerja sendiri mulai dari penagihan, membuat invoice, ticketing, dan lainnya. Tetapi disini saya tidak mengeluh, saya justru bisa belajar dari semua lini,” tuturnya.

Setelah itu Waty ditempatkan di bagian ticketing, tak lama kemudian Waty mendapatkan tawaran untuk mengisi posisi marketing. Menggeluti dunia marketing dengan pengalaman berganti manajer beberapa kali, membuatnya memetik ilmu dari mereka bahwa untuk menjadi seorang manajer harus menguasai dari bawah tidak bisa langsung dari atas.

Hingga sampai di posisi sekarang sebagai Direktur Utama , Waty menuturkan tidak lepas dari peran sang suami RM Henri Rivai. “Suami adalah inspirator saya dan selalu mendukung saya. Sehebat-hebatnya perempuan, jika suami tidak ikhlas, kita juga tidak dapat apa-apa. Dunia lepas, akhirat hilang,” tuturnya bijak.

Menghadapi era digital , wanita pekerja keras ini senantiasa memompa semangat dan motivasi karyawannya.  “Kalian mau kerja di mana saja, kalau hanya melihat dari sisi finansial pasti ada selisih. Tapi jika mencari kenyamanan pasti tidak ada selisih. Buatlah perusahaan nyaman terlebih dahulu, otomatis kalian juga akan nyaman,” nasehat wanita yang memiliki karyawan rata-rata  sudah bekerja lebih dari lima tahun ini.

“Kita jangan hanya bekerja berdasarkan SOP (Standar Operasional Prosedur) tapi bekerjalah di atas standar. Upah minta di atas UMP. Yang bisa  mencerminkan itu siapa ? Ya kita sendiri. Tunjukkan ke perusahaan kita bisa  berikan yang terbaik. Perusahaan minta lima, kita beri sembilan, pasti perusahaan bisa kasih tujuh,” tegasnya.

Berkat kerja keras yang dilakukan, tak ayal ibu empat anak  RM Haekal Dzakwan, RM Ghibran Dzakwan, Siti Balqis Putri Dzakwani, Aisyah Putri Dzakwani ini selalu meraih top sales di setiap Airlines serta selalu mendapatkan penghargaan Adikarya Wisata baik dari Walikota maupun Gubernur Sumsel.

Selain itu bekerja sama dengan maskapai Lion Air, Mega Wisata menjadi pioner pembukaan rute Palembang – Jeddah yang akhirnya menjadi Palembang – Madinah yang berlangsung dari tahun 2017 hingga sekarang.

“Kunci kesuksesan itu bekerja tulus dan amanah, setiap bekerja harus ada nafas ibadahnya,” tutupnya. (hen)

 

LEAVE A REPLY