QRIS Didominasi Usaha Kuliner 

0
204
Direktur Utama Bank Sumsel Babel, Achmad Syamsudin

RADAR PALEMBANG – Sejak diperkenalkan akhir tahun 2019, pengguna Quick Response Code Standard Indonesia (QRIS) kepada para pelaku usaha masih didominasi pebisnis kuliner.

Hal ini diungkapkan, Direktur Utama Bank Sumsel Babel, Achmad Syamsudin. Saat ini, menurut Syam (sapaan akrab Achmad Syamsudin), sudah banyak merchant kuliner seperti toko pempek, rumah makan.

Ia menambahkan, saat ini pihaknya mencatat telah ada 350 merchant yang merupakan nasabah BSB yang terdaftar sebagai merchant Quick Response Code Standard Indonesia (QRIS). Di Palembang, sambung dia, ada 288 merchant QRIS dan Sekarang di Bangka ada sekitar 30-an merchant.

Menurutnya, adanya aplikasi ini untuk jangka panjang  diharapkan  dapat terjadinya purchase intense khususnya untuk pengguna Mobile Banking Bank Sumsel Babel.  “Tahun ini pihaknya menargetkan lebih banyak merchant dari kalangan pengusaha UMKM yang akan menggunakan QRIS,”jelas dia.

Diakuinya, saat ini pihaknya memang terkendala pada penggunaan pembayaran respon cepat di kalangan debitur BSB yang berasal dari kalangan pedagang dan pelaku UMKM.  Namun pihaknya tetap optimis dengan meningkatkan literasi dan inklusi keuangan. “Kalau kendala itu hanya soal literasi saja. Kita akan berikan pengetahuan mengenai manfaat QRIS,” ujarnya.

Disebutkan Achmad, QRIS merupakan salah satu metode pembayaran digital dengan jaringan lebih besar, lebih efisien dalam transaksi keuangan sehingga merchant tidak perlu lagi sediakan uang tunai. Tak hanya itu, penggunaan QRIS juga menghindarkan dari risiko uang palsu. “Dari QRIS ini juga nanti kita punya data transaksi dan merchant pengguna bisa mendapatkan akses kredit dan pendanaan dari BSB. Kami dorong agar lebih banyak lagi yang mau kerja sama gunakan QRIS,” ujar dia.(dav)

LEAVE A REPLY