PTM Tunggu Edaran Baru

0
73
Simulasi Pembelajaran Tatap Muka

RADAR PALEMBANG  – Memasuki tahun kedua pandemik, aktivitas belajar di satuan sekolah berubah sistem. Semula tatap muka hingga saat ini daring.  Namun, sampaikan kapan KBM yang diidamkan siswa di sekolah kembali normal sediakala, hingga saat ini masih tanda tanya besar.

Menyikapi hal tersebut, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kota Pagaralam, H Cholmin Heryadi melalui Kabid Pendidikan Dasar dan Menengah (Dikdasmes), Jemiyo Siswanto mengatakan, sejauh ini belum ada edaran terbaru dari Gubernur Sumatera Selatan perihal pembelajaran tatap muka (PTM) akan dibuka atau belum. “Kita tetap berpedoman pada edaran pemerintah, yang mana hingga saat ini belum adanya edaran terbaru,” ujar dia, kemarin (25/2).

Belum lagi, akhir Desember 2020 lalu Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan mengeluarkan edaran terkait penundaan PTM tahun ajaran 2020/2021 di satuan pendidikan yang tertuang dalam Surat Edaran No420/12553/Disdik.SS/2020. Imbas dari angka penyebaran Covid-19 di wilayah Sumatera Selatan.

“Yang jelas, kebijakan kepala daerah kita selaku Ketua Satgas penanganan Covid-19. Yang saat ini pihak Disdikbud Kota Pagaralam tetap melakukan upaya persiapan sembari menunggu edaran terbaru,” bebernya.

Karena, nantinya kegiatan belajar mengajar (KBM) dengan sistem dalam jaringan (daring) dan luar jaringan (luring) yang selama ini diterapkan lambat laun juga akan berakhir dan diganti dengan KBM tatap muka. Oleh karenanya harus ada persiapan, yang harus dilakukan lingkungan pendidikan untuk KBM tatap muka di tengah pandemi.

Contohnya, lanjut Jemiyo, PTM masih mengacu pada protokol kesehatan (protkes) dengan berbagai pembatasan. Mulai dari jumlah siswa mau pun jam belajar mengajar di sekolah seperti yang dulunya pernah diujicobakan di Kota Pagaralam. “Selain sistem belajarnya yang bergantian, dengan tidak boleh lebih dari 20 orang siswa per kelas, jam belajar pun tidak boleh lebih dari 3 jam per hari,” ungkapnya. (edi)

 

LEAVE A REPLY