Progres Capai 90 Persen

0
190

Program Sejuta Stek Kopi 2020

RADAR PALEMBANG – Usai dilakukan stek perdana di akhir September lalu, hingga kini program sejuta stek kopi tahun 2020 dari Walikota Pagaralam sudah menunjukkan progres bagus. Dari pengawasan Dinas Pertanian Kota Pagaralam diperkirakan progress stek batang kopi sudah mencapai sekitar 90 persen.

“Progresnya sudah mencapai sekitar 90 persen untuk pelaksanaan program sejuta stek kopi pasca stek perdana akhir September 2020 lalu,” ujar Kadis Pertanian Kota Pagaralam, Gunsoso Mekson SE MM melalui Kabid Tanaman Produksi Perkebunan, Diki Herlambang SP, kemarin.

Bahkan sebut Diki, ada yang melebihi Rencana Usulan Kerja (RUK). Seperti poktan Berangsane di Kelurahan Penjalang, Kecamatan Dempo Selatan. Anggota justru melakukan stek hingga 2.000 batang kopi padahal untuk usulannya hanya 1.500 stek batang.

Program sejuta stek kopi ini katanya, akan dilakukan secara berkelanjutan hingga kedepannnya. Tujuannnya untuk mensejahterahkan petani kopi dengan mendongkrak produksi tanaman kopi yang notabanenya merupakan komiditi unggulan Kota Pagaralam.

“Kita lihat nanti keberhasilannnya stek kopi yang sudah dilakukan petani. Sudah berjalan tiga minggu, dahan stek sudah menunjukkan cipit daun (tunas daun, red) dan sungkup (bungkus, red) sebagian sudah dibuka. Sekitar November mendatang akan dilakukan pengecekan oleh tim verifikasi untuk mengetahui berapa banyak upah yang harus dibayar Pemkot Pagaralam untuk program sejuta stek kopi ini,” pungkasnya. (Edi)

 

LEAVE A REPLY