Prancis Lirik Palembang

0
383

RADAR PALEMBANG– Investasi di Kota Palembang terus berkembang dan tumbuh. Salah satu penyebabnya, adanya event Asian Games 2018 dan Moto GP. Hal ini yang menjadi pertimbangan investor asal Perancis untuk menambahkan invetasi di Palembang.
Keenam perusahaan asal negara yang dikenal dengan mode fashion ternama itu, bergerak di berbagai bidang. Namun berapa nilai investasinya belum diketahui. Keenam perusahaan yang bernaung di kedutaan Perancis di Indonesia tersebut, menawarkan bentuk kerja yang bergerak diantaranya, energi, transportasi, pengelolan air dan sampah yang siap menjadikan kota Palembang lebih maju.
Ketua Bidang Bisnis Plan Kedutaan Perancis untuk Indonesia, Rasyid mengatakan, sebanyak enam perusahaan ternama di Perancis turut hadir ke Palembang. Diakuinya Palembang dibidik untuk diajak bermitra dalam pembangunan, karena daerah ini sudah punya program bagus berskala internasional, seperti Asian Games dan Moto GP. Hal ini jelas menjadi kesempatan bagi perusahaan untuk mengembangkan produk dan sistemnya di sini.
“Kami tawarkan sistem perparkiran, keamanan, air bersih, dan lingkungan hidup untuk Kota Palembang. Kami harap Walikota bisa menerima dan melanjutkan pertemuan ini,” kata Rasyid, usai bertemu dengan Walikota Palembang Harnojoyo, di ruang Parameswara, Senin (30/1).
Seperti disampaikan Pimpinan Perusahaan Parkeon, Pierre Antonio. Pihaknya memperkenalkan sistem perparkiran yang cocok untuk perkotaan seperti Palembang. Produk kebanggaan ini sudah digunakan di beberapa negara, seperti Malaysia dan Hongkong. “Untuk di Indonesia kita sudah menjadi mitra Pemprov Jakarta dan Pemkot Surabaya,”bebernya.
Sistem perparkiran yang ditawarkan, jelas dia, yakni manajemen parkir yang modern dengan menggunakan aplikasi gadget. Dengan sistem ini selain pengawasan yang terjamin, pemasukan untuk Pemkot Palembang takkan bocor.
Walikota Palembang, Harnojoyo mengatakan, pihaknya menyambut baik kedatangan investor ini. Namun ia berharap Perancis bukan hanya berinvestasi tapi juga memberikan hibah seperti yang dilakukan Australia.“Pemerintah Australia sudah berikan hibah, bukan pinjaman untuk Kota Palembang. Kami harap Perancis bisa lakukan itu, bantuan yang sangat baik,”kata Harnojoyo.
Hasil pertemuan nantinya diserahkan pada masing-masing SKPD. Seperti sistem parkir ini perusahaan bersangkutan tetap perlu paparan ke Dinas Perhubungan. Sehingga kerjasama yang dilakukan nanti akan saling mengutungkan.
Selain itu, penerangan jalan umum tawarkan listrik hemat sampai 70 persen. Transportasi smart city, kesehatan dan lainnya. Tentu apa yang ditawarkan sangat baik. Managemen Suez (pengelolaan air minum,), Alan Thompson mengatakan jika perusahaan kami sudah tersebar di Asia Tenggara yaitu Filiphina dan Indonesia. Untuk di Indonesia sendiri, sudah dilakukan kerjasama dengan Kota Medan, Semarang dan Jakarta. “Saya harap kerja sama ini bisa berjalan dengan lancar antara perusahaan kami dan Pemkot Palembang,”tukasnya. (zar)

LEAVE A REPLY