Posko Siapkan Dua Unit Mobil Derek

0
311

 

 

 

 

 

 

 

RADAR PALEMBANG – Untuk mengamankan angkutan Natal 2016 dan menyambut tahun baru 2017, Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Banyuasin telah menyiapkan berbagai sarana dan prasarana. Salah satunya, dua unit mobil derek yang standbay di dua posko pengamanan di Sukajadi, Kecamatan Talang Kelapa, dan posko Betung Kecamatan Betung.

“Ada dua unit mobil derek yang kita standbay-kan 24 jam, untuk menghadapi terjadi kecelakaan. Contoh bus ALS yang terjun di Pangkalan Panji kemarin, itu pakai derek dan dibantu alat berat dari Zikon,” kata Kasi Tehnik Sarana dan Prasarana LLAJ Dishub Banyuasin, Romi Wijaya, kemarin (27/12).

Romi mengatakan, jika sebelumnya memang sudah ada SK Bupati Kabupaten Banyuasin tentang pembentukan posko pengamanan angkutan Natal 2016 dan tahun 2017.  “Personil yang kita terjunkan dari Dishub sebanyak 30 orang, Posko ada 3, di Sembawa, Sukajadi, dan Posko Betung,’’jelasnya.

Dari 30 personil Dishub tersebut, lanjut dia, akan dibertugas di tiga Posko pengamanan Natal dan tahun baru‎. Dimana setiap Posko akan ditempat dua orang personil Dishub yang akan bekerja secara bergantian.

“Di posko itu, kita bergabung dengan personil gabungan dari TNI, Polri, Pol PP, dan Dinkes. Personil dari Dishub ada dua orang dimasing-masing Posko, nanti tugasnya bergantian dengan personil lainnya,” ujarnya.

‎Dikatakan Romi, jika kegiatan pengamanan ini sudah rutin dilakukan setiap tahunnya, dan akan berakhir sampai 1 Januari 2017 mendatang. Dishub sendiri memiliki tugas utama untuk mengamankan arus Lalulintas (Lalin).

“Memang kita tergabung dalam tim gabungan, tapi kita memiliki tugas utama yaitu mengamankan arus Lalin. Kalau Polri juga ikut membantu mengamankan Lalin, tapi mereka juga melakukan pengamanan situasi karena tahun ini Polri siaga satu,” jelasnya.

Dia menyebutkan, ada beberapa titik yang menjadi penyebab kemacetan disepanjang Jalintim Palembang-Betung, diantaranya di depan SPBU Sukajdi, SPBU Desa Pulau Harapan, di depan markas Zikon Desa Langkan, Gerbang Pemkab Banyuasin Kelurahan Sterio sampai Lubuk Lancang, dan Desa Lubuk Karet sampai Kecamatan Betung.

“Titik-titik inilah yang perlu diantisipasi, karena memang sering sekali terjadi kemacetan disana. Yang paling sering menyebabkan macet, di Desa Pulau Harapan, dan Sterio sampai Lubuk Lancang. Penyebabnya, karena kondisi jalan yang rusak dan berlobang,” kata Romi.

Diakhir perbincangan, Romi menambahkan, jika terjadi kemacetan selama pengamanan Natal 2016 dan tahun baru 2017, maka pihaknya akan terjun langsung ke lokasi titik kemacetan untuk mengatur arus Lalin. “Kalau terjadi kemacetan, kita akan ke lokasi macet itu dan mengatur arus Lalinnya. Puncak kemacetan yang harus diantisifasi, pas malam pergantian tahun baru,” katanya mengakhiri. (‎tri)

 

LEAVE A REPLY