Ponpes Nurul Islam Lahirkan Banyak Ulama Besar  

0
157
Wagub Sumsel Mawardi Yahya hadiri Haul ke-61 Pendiri Ponpes Nurul Islam KH.Anwar Bin H.Kumpul dan Haflah Ponpes Nurul Islam ke-89.

RADAR PALEMBANG – Mengawali agenda kerjanya pada pekan ini, Wakil Gubernur Sumsel Mawardi Yahya menghadiri peringatan haul ke-61 KH. Anwar Bin H. Kumpul (pendiri ponpes Nurul Islam Putra-Putri Seribandung) sekaligus haflah ke-89 ponpes Nurul Islam, juga penyerahan ijazah santriwan/santriwati dan siwa, di desa Seribandung, Ogan Ilir, kemarin.

Dalam kesempatan ini Mawardi mengucapkan selamat kepada para santriwan/santriwati juga para siswa yang telah menyelesaikan studinya di Ponpes Nurul Islam.  “Selamat untuk kalian semua. Semoga ilmu yang didapat bisa bermanfaat, juga kalian dapat meneruskan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi lagi,” harapnya.

Menurutnya lulusan ponpes saat ini dapat menempuh bidang pendidikan tak terbatas hanya pada ilmu agama saja. Namun beragam pilihan studi bisa ditempuh oleh para santri.

“Ponpes Nurul Islam sudah berusia 89 tahun. Tentu saja sudah banyak menelurkan alumni yang mumpuni dan berkompeten di bidangnya. Banyak ulama yang lahir dari ponpes ini. Saat ini lulusan ponpes bisa meneruskan pendidikan sesuai dengan minat dan kemampuan,” jelasnya.

Selain menyerahkan ijazah kepada para santriwan/santriwati dan siswa, Mawardi Yahya juga menyerahkan bantuan dana  kepada Mudir Ponpes Nurul Islam, KH. Syajali Tidah Anwar.

KH Syajali Tidah Anwar menjelaskan semula haflah ke-89 ponpes Nurul Islam dan penyerahan ijazah bagi santriwan/santriwati dan siswa akan dilaksanakan pada 28 April 2020, namun akibat wabah Covid-19, kegiatan itu baru terlaksana saat ini.

“Ada 114 orang santri dan siswa yang hari ini menerima ijazah. Terdiri dari madrasah tsanawiyah 64 orang. Madrasah aliyah 40 orang. Serta 10 orang siswa SMA Al Anwar ponpes Nurul Islam,” ujarnya.

Tak lupa, mudir ponpes Nurul Islam itu menyampaikan rasa syukur atas perhatian dan bantuan yang diberikan Pemprov Sumsel kepada ponpea asuhannya. “Secara berkesinambungan selalu ada donatur yang rutin memberikan bantuannya kepada kami. Baik berupa dana ataupun barang untuk pembangunan gedung ponpes. Bahkan kami juga mendapatkan bantuan apd protokol kesehatan Covid-19,” imbuhnya.

Turut hadir dalam kesempatan itu Bupati Ogan Ilir Ilyas Panji Alam yang sebelumnya juga menyampaikan ucapan selamat kepada para santriwan/santriwati dan siswa yang telah menamatkan pendidikannya.(tim)

LEAVE A REPLY