Polres Prabumulih Buru Pelaku Penyebar Hoax

0
192

RADAR PALEMBANG – Banyaknya berita hoax di media sosial (Medsos) dan media online terkait warga terpapar positif virus corona atau Covid-19 beserta keluarganya.

Polres Prabumulih sekarang ini tengah melakukan pengusutan dan penyelidikan, dan sekarang ini pelaku penyebar berita hoax tersebut.

Kapolres Prabumulih, AKBP I Wayan Sudarmaya SH Sik MH melalui Kasat Reskrim, AKP Abdul Rahman SH MH ketika dikonfirmasi tidak menampik hal itu.

“Kita akui banyak sekali berita hoax diduga sengaja disebarkan oleh oknum tidak bertanggung jawab, dan sengaja menimbulkan kepanikan masyarakat di tengah wabah Covid-19 ini,” ungkap Rahman dikonfirmasi, kemarin (6/4).

Sebut perwira berpangkat tiga balok ini, akan mendalami dan menyelidi pelaku mengapa ikut atau turut serta menyebarkan berita hoax tersebut.

“Apalagi, sudah jelas hukumnya penyebar dan ikut menyebarkan bisa dijerat Undangan-Undang (UU) Informasi Transaksi Elektronik (ITE). Ancamannya pun bisa hingga 6 tahun penjara,” jelasnya.

Ia pun tidak memungkiri, sudah menerima sejumlah laporan dari keluarga korban terkait penyebaran berita hoax tersebut, karena dinilai merugikan.

“Laporan keluarga terpapar Covid-19, sudah kita terima terkait berita hoax yang menyebar sekarang ini,” terangnya.

Gugus tugas Covid-19, kata dia akan rutin mengelar press release terkait update atau perkembangan Covid-19 untuk informasi bagi masyarakat. “Selain itu juga, untuk meminimalisir berita hoax sekarang ini sering berseliweran dan tidak bertanggungjawab di medsos dan media online serta lainnya,” pungkasnya. (seg)

LEAVE A REPLY