Polda Himbau Masyarakat Tak Lakukan Karhutla

0
195

Siapkan Personil Ketika Terjadi Kebakaran

RADAR PALEMBANG – Berdasarkan prediksi BMKG Sumsel musim kemarau pada tahun ini tidak akan berbahaya pada tahun 2015 lalu, namun Polda Sumsel tetap mengimbaau masyarakat untuk tidak membakar hutan dan lahan sehingga musibah kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Sumsel dapat diantisipasi sedini mungkin.

“Kami menghimbau masyarakat untuk tidak membakar hutan dan lahan, karena saat ini mulai memasuki musim kemarau,”kata Kapolda Sumsel, Inspektur Jenderal Firli usai mengunjungi Graha Pena Sumeks grup, Kemarin (11/7).

Polda Sumsel terus melakukan kegiatan dalam pencegahan kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Sumsel. Dengan pendidikan kepada masyarakat karhutla dapat dicegah sedini mungkin.

Belum lama ini mengelar apel siaga Karhutla  personil gabungan  dari TNI, Polri, BPNPB, pemerintah Provinsi maupun kabupaten. Ini bentuk melihat kekuatan dan sarana prasarana  yang dimiliki untuk mencegah karhutla di Sumsel.

“Kami juga dengan stack holder yang ada

membuat maklumat bersama pencegahan karhutla. Aksinya dengan pemantauan kelapangan secara dan pembekalan kepada masyarakat,”jelasnya.

Pemantauan daerah rawan kebakaran dan pembinaan, tidak hanya pemerintah provinsi maupun kabupaten saja namun  juga melibatkan masyarakat pencipta alam sehingga karhutla tidak terjadi.”Kita jaga alam, alam jaga kita, untuk mencegah ini kita melibatkan semua pihak,”ujar dia.

Dilanjutkan Firli, bahwa daerah-daerah yang rawan akan terjadinya kebakaran yaitu kabupaten OKI,OI, Banyuasin, Muba,PALI dan daerah lainnya yang terus dipantau.

Personil dari TNI kurang 1000 TNI berapapun personil yang dibutuhkan Polda cukup untuk membackup jika terjadi musibah kebakaran.

“Berapapun personil yang dibutuhkan sangat cukup, baik itu dari TNI maupun polri,”tukasnya.

Dalam kesempatan tersebut Firli berharap kepada Sumeks  group menjadi mitra kerja. Karena media sebagai corong informasi kepada masyarakat.

Dirinya juga secara langsung melakukan diskusi dengan pimpinan sumeks group seperti Radar Palembang, PAL TV, Palpos, Palpres dan sumek.co.(zar)

LEAVE A REPLY