Pohon Pinang Diburu Tapi Langkah

0
368

 

RADAR PALEMBANG – Bagi sebagian masyarakat, mencari pohon pinang saat ini cukup sulit dicari keberadaannya ditengah kota. Sebab pohon pinang saat ini banyak diburu sebagai pelengkap rangkaian lomba kegiatan HUT kemerdekaan RI salah satu diantaranya untuk lomba panjat pinang.

Ketua RT 09, Kelurahan Cereme Taba, Kecamatan Lubuklinggau Timur I, Rifat menjelaskan jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya antara empat atau lima tahun lalu, pohon pinang masih banyak ditemukan. Tapi kalau untuk saat ini, keberadaan pohon pinang mulai berkurang. “Kalaupun ada, ukuran batangnya ada yang masih kecil. Adapula yang sudah besar,” jelasnya.

Disamping itu, pohon pinang yang ada saat ini dipekarangan rumah warga itupun belum tahu apakah harus beli atau tidak. Sebab informasi dilapangan, harga batang pohon pinang diperkirakan antara Rp40 ribu sampai 50 ribu. “Tidak tahu kalau sekarang, kemungkinan harganya bisa lebih dari itu,” ujarnya.

Sebagai alternatif, Rifat mengungkapkan, warga saat ini mengganti pohon pinang dengan pohon palem ataupun dengan batang pisang. “Itu alternatifnya. Kalau untuk pohon pisang’kan biasanya untuk anak-anak naik ketika lomba,” bebernya.

Sementara itu lain halnya diungkapkan warga RT 07, Kelurahan Margarahayu, Kecamatan Lubuklinggau Selatan II, Kamal. Dikatakannya, RT ditempatnya tinggal telah menyiapkan berbagai kegiatan lomba untuk memperingati HUT RI salah satunya lomba panjat pinang. “Idak susah nyarinyo (pohon pinang), ini berkat kerjasama dengan warga, jadi lingkungan RT sini masih banyak pohonnya,” katanya.

Menurutnya, diwilayah tempatnya tinggal keberadaan pohon pinang masih cukup banyak. Tak ayal, pohon pinang yang didapat tidak harus membeli melainkan diberikan cuma-cuma. “Kita disini sumbangan untuk kegiatan lomba. Sekitar Rp9,5 juta yang sudah terkumpul,” pungkasnya. (pin)

LEAVE A REPLY