PMI Jamin Stok Darah Aman Hingga Lebaran

0
336

 

RADAR PALEMBANG – Stok darah di unit donor darah  (UDD) PMI PALEMBANG dipastikan aman hingga Lebaran Idulfitri 1436 H mendatang. Kegiatan bakti sosial donor darah diadakan hampir setiap minggu selama Ramadan membuat persediaan darah melimpah.

Seperti kegiatan donor darah yang diadakan PSMTI Sumsel bersama PMI Palembang dengan menggandeng  paguyuban ANXI, Guangzhou, Indonesia Tionghoa (INTI)dan  Ikatan Pemuda Tionghoa Indonesia (IPTI) menggelar kegiatan donor darah di Hotel Grandzuri Palembang Sabtu (18/6). Hasil dari kegiatan donor darah tersebut terkumpul 377 kantong darah.

Ketua PMI Kota Palembang H Harnojoyo melalui Ketua Udd Pmi Kota Palembang dr Anton Suwindro Mkes,  saat ini stok darah tinggal 700 kantong dari 1.766 kantong  yang disiapkan  beberapa bulan jelang Ramadan. ” Artinya banyak sekali masyarakat yang membutuhkan darah.”ujarnya.

Menurut Anton, saat ini dalam sebulan ada sekitar 75-100 kantong darah yang dikeluarkan PMI. ”Sumbangan dari 5 Paguyuban ini tentu sangat berarti bagi PMI dalam membantu masyarakat Palembang yang membutuhkan darah,”ujarnya.

Anton juga menambahkan setelah kegiatan ini PMI Kota Palembang kembali akan merangkul paguyuban ataupun persatuan lainnya untuk berpartisipasi membantu PMI Palembang dalam menyediakan stok darah untuk kebutuhan masyarakat Palembang

Ketua PSMTI Sumsel Kurmin Halim melalui humsnya Acara donor darah  Hindralili mengatakan,  kegiaan ini  sebagai bentuk kepedulian warga non muslim Untuk membanntu PMI dalam memenuhi kebutuhan darah selama Ramadan. “Karena umat muslim selama Ramadan tidak bisa menyumbangkan darah, jadi kami lakukan bersama dengan yang lain,” bebernya.

Dirinya juga tidak menyangka pesertanya melebihi target yang dicanangkan. “Target kita hanya 300 kantong tapi yang daftar sekitar 440 orang. 377 orang berhasil menyumbangkan. Selebihnya karena kelamaan nunggu akhirnya batal mendokorkan darahnya,”ucapnya.

Sementara itu, Sukarta ketua Paguyuban ANXI dan Melissa J Wendy Sekum Paguyunan INTI Sumsel  menyambut baik kegiatan donor darah ini sebab selain untuk melakukan hal sosial juga bersilaturahmi dengan paguyuban-payugan Tionghoa lainnya. “Kita selama ini  menggelar baksos donor darah sendiri sendiri, kali ini ramai ramai tentu asik dong,”jelasnya. (sep)

LEAVE A REPLY