Pj Bupati OKu Resmikan Klinik Gratis

0
568

 

RADAR PALEMBANG– Pj Bupati Ogan Komering Ulu (OKU), H Maulan Aklil, meresmikan klinik dan mengkukuhkan pengurus Klinik Al-Afiyah Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Daerah Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) di Komplek Masjid Islamic Center setempat. Warga bisa memanfaatkan seluruh pelayanan kesehatan yang disediakan tanpa dipungut biaya.

”Klinik kesehatan gratis ini diharapkan bisa membantu masyarakat berobat dan menikmati pelayanan pertama di bidang kesehatan dengan cepat dan gratis. Jadi kehadiran klinik ini sifatnya membantu fungsi puskesmas dan rumah sakit,” kata Kabag Kesra Pemkab Ogan Komering Ulu (OKU), Yulius Faisol di Baturaja, kemarin.

Menurutnya, klinik kesehatan gratis itu merupakan yang pertama di Sumsel.  Baznas  OKU telah banyak melakukan berbagai kegiatan sosial yang sifatnya membantu masyarakat kurang mampu, berprestasi dan berjasa di bidang agama. Sejumlah petugas kebersihan telah diumrohkan. Anak-anak kurang mampu juga diberikan bantuan biaya pendidikan. “Program klinik yang diadakan Baznas OKU ini merupakan pertama di Sumsel. Klinik Al-Afiyah Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) OKU ini dipelopori, Bupati OKU, H Maulan Aklil dan Bupati Terpilih Drs H Kuryana Azis,” katanya.

Pantauan di lapangan, kegiatan ini dihadiri Kapolres OKU, AKBP Dover Cristian S IK, Bupati OKU, H Maulan Aklil, Pelopor Baznas OKU, dan Bupati terpilih periode 2016-2021, Drs H Kuryana Azis serta unsur muspida. Ketua Baznas OKU, Atmiyati Somat mengatakan, klinik berobat geratis pendanaannya diambil dari zakat profesi 2,5 persen. dan 2,5 persen harta simpanan dari zakat mal, PNS di OKU.

”Dana yang terhimpun dari 2011-2015 akhir ini sekitar Rp 2,1 miliar lebih. Semuanya itu seluruhnya, dari infak pegawai negeri sipil yang ada di Kabupaten OKU. Yang dihimpun masing-masing amil zakat SKPD. Uang zakat 6 juta rupiah, dari beberapa orang disetor langsung di banksumsel sariah,” katanya. Dana itu kata dia, sebagian sudah disalurkan biaya pengomatan, bantuan bencana alam khususnya kebakaran, bantuan korban perperangan umat islam di palestina dan pendidikan untuk warga miskin.

Pj Bupati OKU, H Maulan Aklil menghimbau agar seluruh SKPD untuk langsung melakukan pemtongan penghasilan untuk zakat. “Dengan inpak saja kita bangun klinik gratis. Apalagi di zakatkan, kita akan lebih bisa berbuat lebih itu. Mari kita berlomba-lomba untuk zakat,” kata Bupati akrab di sapa Molen ini. Dihadapan Drs H Kuryana Azis yang merupakan Bupati terpilih periode 2016-2021, sebelum Pilkada OKU, ia pernah bicara pidato ke hadapan publin, siapapun yang terpilih menjadi Bupati OKU, itu hati mereka yang bersih. Beruntunglah OKU, memiliki Bupati terpilih Drs H kuryan Azis, pastinya memiliki hati yang bersih.
“Karena pemimpin seperti itulah yang kita harapkan,” katanya.

Molen berharap kepada Kuryan Azis agar meneruskan program-program yang telah ia lakukan. Sepertihanya, meneruskan, program berlangsungnya klinik berobat gratis melalui Baznas OKU ini. “Dan diharapkan untuk menggalakan inpak dan zakat. Saya yakin kedepan jauh akan lebih baik lagi dibawah kepemimpinan ayah kami, Drs H Kuryana Azis,” katanya. Baznas ini dan klinik gratis ini kenang-kenangan dirinya kata Molen untuk masyarakat OKU mari jaga bersama klinik ini. Mari galakan inpak dan zakat.(can)

 

 

LEAVE A REPLY