Pgn Targetkan 5 Ribu Sambungan Baru

0
650

 

RADAR PALEMBANG – PT Perusahaan Gas Negara (Persero) Tbk Area Palembang menargetkan, dapat menambah 5 ribu pelanggan rumah tangga baru tahun 2016 ini. Hanya saja, sampai saat ini rencana tersebut masih dalam tahap evaluasi.

Area Head PGN Business Unit Gas Product Palembang, Makmuri mengatakan, alokasi tambahan sambungan rumah tangga untuk Kota Palembang sejauh ini baru disetujui 500 sambungan dari usulan awal sebanyak 5 ribu sambungan. Hal tersebut lantaran adanya penugasan baru untuk wilayah di Tarakan, Sorong, Jawa Tengah, dan Jawa Timur. “Dengan demikian dampaknya kemungkinan alokasi untuk Kota Palembang akan berkurang,” kata dia, Rabu (27/1)

Meski demikian, pihakanya akan berupaya agar target awal penambahan sambungan rumah tangga tersebut dapat sepenuhnya terealisasi, mengingat kebutuhan tersebut sudah disesuaikan dengan permintaan dalam sector eksisting yang telah dimiliki. “Jadi kami akan berupaya agar penambahan tahun ini dapat sesuai rencana,” ujarnya.

Dikatakanya, sementara fokus penambahan pelanggan masih di area Sako, Sedudu Putih, Mangkunegara, Bukit Kecil, Pusri Sukamaju, dan Merdeka. “Sementara sektor baru yang rencananya akan dikembangkan yakni Pusri Sukamaju dan seputaran Jalan Merdeka,” tukasnya.

Dia menambahkan, sebenarnya tahun ini ada program subsidi pemasangan jaringan dari Kementerian ESDM, nhanya saja, untuk wilayah Sumsel diberikan ke Kota Prabumulih. “Padahal, kami juga mengusulkan kepada pihak kementerian agar mendapatkan subsidi pemasangan jaringan untuk pengembangan wilayah di Alang-Alang Lebar yang berpotensi dapat menambah 4 ribu sambungan rumah tangga baru,” jelasnya.

Untuk itu, pihaknya juga telah menyiapkan pengajuan baru agar Kota Palembang mendapatkan subsidi pengembangan jaringan gas di tahun depan. “ kami tetap ajukan lagi, dengan demikian masyarakat Palembang nantinya banyak yang dapat merasakan manfaat dari penggunaan gas ala mini,” terangnya.

Lebih jauh Makmuri mengatakan, sepanjang tahun 2015 lalu, pihaknya            mencatat telah terjadi penambahan jumlah pelanggan rumah tangga baru sebanyak 1.100 pelanggan sepanjang tahun 2015 lalu, hanya saja dari jumlah tersebut 250 pelanggan diantaranya masih dalam tahap perampungan.

Dengan tambahan tersebut, total pelanggan saat ini  mencapai 5.847 pelanggan. Dengan rincian 5.266 sambungan rumah tangga, 213 komersil, dan 8 industi. “ Sementara untuk tariff rumah tangga sendiri belum ada kenaikan tetap Rp 2.750 per meter kubik,” pungkasnya.(tma)

LEAVE A REPLY