Pesawat Gangguan Jamaah Haji Mampir di Sri Langka

0
757

 

RADAR PALEMBANG – Pesawat ‎terbang Garuda Indonesia yang mengangkut jamaah haji kloter 14 tujuan Bandara Adi Soemarmo Boyolali (SOC) mengalami gangguan. Pesawat tersebut mendarat sementara di Bandara Colombo, Sri Lanka.

Pesawat yang mengangkut 375 jamaah haji asal embarkasi Solo tersebut mendarat di Bandara Colombo pada Selasa malam (14/10/2014) sekitar pukul 19.30 waktu Colombo.‎ Kasi Media Center Haji Rosidin Karidi Ratiban yang memperoleh informasi dari penanggungjawab penerbangan Jamaah Haji Edayanti Dasril, pendaratan pesawat Garuda Indonesia di Colombo dikarenakan alasan teknis dan untuk keselamatan penerbangan harus divert di Colombo.

Masih menurut Edayanti Dasril, pesawat back up dari Solo sudah mendarat di Colombo. “Saat ini sedang dalam proses boarding,” katanya. Ketua Humas Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Debarkasi Surakarta, Badrussalam, membenarkan pihaknya mendapat informasi bahwa rombongan kloter 14 asal Kota Salatiga dan Demak mendarat di Colombo, Sri Lanka, karena pesawat terbang yang membawa jamaah itu, mengalami gangguan.

Pesawat terbang yang membawa rombongan haji kloter 14 tersebut diperkirakan akan mengalami keterlambatan kedatangannya di Bandara Adi Soemarmo Boyolali.Rombongan tersebut sudah dijemput pesawat terbang dari Bandara Adi Soemarmo. Sehingga, kloter 14 diperkirakan akan tiba disekitar pukul 16.00 WIB atau terlambat sekitar 10 jam lebih dari jadwal semula.

Garuda Kirim Armada Pengganti

Pesawat Maskapai Garuda Indonesia yang digunakan untuk mengangkut jamaah haji dari Embarkasi Solo, mendarat tak terjadwalkan di Srilanka karena mengalami problem teknis. Garuda segera mengirim pesawat pengganti untuk memulangkan 374 jamaah haji yang sebelumnya diangkut oleh pesawat bermasalah tersebut.

“Begitu kami mendapat kabar pesawat kita mendarat di Colombo, kami segera mengirim pesawat cadangan dari Solo. Prinsipnya kami tidak ingin jamaah menunggu lama. Saat ini jamaah sudah diterbangkan menuju Solo,” kata Manager Garuda Indonesia Solo, Gunadi, Rabu (15/10/2014).

Seperti diberitakan sebelumnya, pesawat Garuda yang mengangkut 374 jamaah haji Kloter 14 Embarkasi Solo terpaksa mendarat di Bandara Colombo, Srilanka, dalam perjalanan dari Jeddah menuju Solo. Pendaratan dilakukan karena masalah teknis. Gunadi memastikan, seluruh penumpang dalam kondisi sehat dan tidak terdampak akibat pendaratan yang tidak terjadwal itu.

“Selama menunggu di Colombo jamaah mendapatkan pelayanan yang baik. Kami menyediakan hotel dan akomodasi yang sesuai aturan yang berlaku,” lanjut Gunadi. (mbr/kha)

LEAVE A REPLY