Pertanian Butuh Inovasi Alsintan 

0
46

RADAR PALEMBANG – Wakil Gubernur Sumatera Selatan, H Mawardi Yahya mengingatkan agar dinas perindustrian giat melakukan inovasi, khususnya di sektor pertanian.

Hal ini diungkapkan Mawardi saat Sosialisasi pengguna produk Alat Sistem Pertanian (Alsintan) bagi perusahaan perkebunan di Sumatera Selatan, di Hotel Duta Syariah, Senin (9/9/2019).

Usai acara, Mawardi Yahya mengingatkan jangan hanya acara sosialisasi, tapi harus ada bukti kerja yang membanggakan daerah. “Jangan hanya sosialisasikan saja, harus ada kerja nyatanya, buat teknologi.”

Apalagi di zaman informasi teknologi terkini, inovasi yang diciptakan untuk produk alsintan bisa langsung diperkenalkan ke masyarakat. Apalagi, akui dia, ada lomba alsintan, maka jangan kalah dari daerah lain.

Kembali, dirinya mengingatkan, jangan agar teknologi yang dibuat mudah diaplikasikan dalam keseharian petani. “Masyarakat memerlukan teknologi cepat (produk,red) dan murah (biaya operasional,red),”ungkap Mawardi Yahya.

Untuk itu, sambung dia, harapan saya kepada kepala dinas perindustrian agar membuat inovasi agar mampu bersaing dengan daerah lain. “Jangan kalah kalau ada lomba (inovasi,red) dari daerah lain,”jelas dia.

Ada baiknya, wakil gubernur mengingat agar para kepala daerah baik kabupaten, kota dan provinsi untuk saling berkoordinasi menciptakan produk alsintan yang ramah guna bagi pertanian.

“Agar dinas perindustrian, kepala dinasnya mengajak para kepala dinas perindustrian dari kabupaten dan kota untuk berinovasi, bisa kunjungan kemana. Harapannya supaya Sumsel mempunyai nilai lebih,”jelas dia.

Keberadaan teknologi merupakan kebutuhan wajib di era pertanian saat ini. “Kalau pertanian menggunakan inovasi teknologi maka hasilnya bisa 1 tahun dua kali,”kata dia. (dav)

LEAVE A REPLY