Pertagas Niaga Kembangkan Jargas di Ogan Ilir

0
798

RADAR PALEMBANG, PT Pertagas Niaga tahun ini mulai mengembangkan jaringan city gas di Kabupaten Ogan Ilir Sumatera Selatan. Tahap awal targetnya akan terpasang 3.725 sambungan rumah rangga. Pemasangan ini menggunakan dana APBN dari program Ditjen Migas Kementrian ESDM.

Manager Stakeholders Relation PT Pertagas Niaga Ratna Dumila mengungkapkan, perluasan layanan city gas yang dilakukan ke Kabupaten Ogan Ilir  mulai dilakukan tahun ini. Targetnya selama enam bulan beberapa kawasan di Ogan Ilir sudah terpasang gas rumah tangga.

20170301_114529

“Di Ogan Ilir sudah mulai jalan untuk pemasangan jaringan gas akan dilakukan di Kelurahan Tanjung Seteko dan di Indralaya Indah. Pemasangan instalasi jargas bekerjasama dengan BUMD Petro Ogan Ilir,” terang Ratna disela acara Forum Komunikasi Humas-Media Pertamina Wilayah Sumbagsel Rabu (1/3) di Novotel Palembang.

Hingga akhir Februari lalu sudah 20 rumah sasaran yang terpasang di Ogan Ilir. Rencananya Pertagas Niaga akan melakukan sosialisasi kepada masyarakat Ogan Ilir pekan depan.

Perngerjan sambungan Jargas untuk konversi energi rumah tangga melibatkan delapan personil dari pegawai Petro Ogan Ilir, targetnya setiap hari terpasang 20 rumah sasaran.

Tahap awal ini, Ogan Ilir akan mendapatkan pasokan gas dari pemerintah 0,2 MMSCFD. sesuai dengan target pemasangan rumah tangga sasaran Pertagas Niaga.

Menurutnya, salah satu indikator satu kabupaten bisa dipasang Jargas harus memiliki sumber has seperti Kota Prabumulih atau dekat dengan pipa Pertamina seperti Kabupaten Ogan Ilir. “Ogan Ilir merupakan kota kedua yang dibangun City Gas setelah sebelumnya di lakukan di Kota Prabumulih, setelah itu kemungkinan pemasangan akan dilakukan di Pali dan Mura Enim,” katanya.

Sebelumnya Pertagas Niaga sukses melakukan konversi Jargas di kota Prabumulih, sebanyak 32. Ribu rumah tangga sasaran sudah terpasang Jargas.

Tahap pertama lalu, Pertagas Niaga sudah memasang 4.650 sambungan, alokasi dana menggunakan alokasi dana APBN Program Ditjen Migas Kementrian  ESDM, kemudian pada tahap kedua dipasang 2 ribu sambungan melalui dan Pertamina, setelah itu pemerintah kembali mengucurkan dana untuk memasang instalasi ke 32 ribu rumah tangga sasaran.

“Sekarang tahap keempat sedang berjalan, masih dalam proses pengajuan Walikota ke Ditjen Migas. Tahap empat ini rencananya akan dipasang 6 ribu rumah tangga sasaran,” jelas Ratna.

Pestanya konversi Jargas di Kota Prabumulih karena dukungan penuh yang diberikan Walikota. Proses perizinan yang biasanya menjadi kendala selalu dimydahkan, sehingga petugas tidak menemui kendala untuk memasang pipa sambungan Jargas. (iam)

LEAVE A REPLY