Pertagas Diminta Relokasi Pipa

0
376

 

RADAR PALEMBANG,  Dinas PU Bina Marga dan Tata Ruang Provinsi Sumsel mewajibkan PT Pertagas untuk merelokasi pengerjaan pipa gas yang berlokasi di Jalan Noerdin Pandji.

Keputusan tersebut disampaikan Kepala Dinas PU Bina Marga dan Tata Ruang (PUBM-TR) Provinsi Sumsel, Ucok Hidayat setelah melakukan pertemuan lanjutan dengan PT Pertagas belum lama ini. “Pipa yang telah tertanam kami minta untuk segera direlokasi pada titik-titik yang telah direkomendasikan sesuai dengan izin yang dikeluarkan tanpa toleransi,” kata Ucok, Rabu (1/11).

Poin lainnya, kontraktor juga harus memperbaiki semua bekas galian seperti semula, sesuai spesifikasi teknis sebelum melakukan penggalian pipa yang baru. Kemudian, akan melakukan pemeriksaan bersama khususnya terhadap titik-titik pengerjaan yang pada saat dilapangan bermasalah dan tidak bisa dilaksanakan. “Termasuk juga teras-teras rumah penduduk yang liar,” katanya.

Selanjutnya, kata Ucok, untuk pipa yang belum tertanam agar dapat ditempatkan pada titik yang telah direkomendasikan oleh tim teknis. Tentunya harus mengacu pada gambar kerja yang telah disetujui.

Selain itu, pihaknya juga akan membentuk tim pengawasan khusus untuk Jalan Noerdin Pandji yang melibatkan Satpol PP dan Organiasi Perangkat Daerah (OPD) lainya, serta menjalin komunikasi yang baik dan selalu bersinergi dengan pihak-pihak terkait. “Dalam waktu dekat akan ada pertemuan lanjutan dengan Pertagas terkait lokasi dan metode kerja,” katanya.

Dengan demikian, sebelum adanya keputusan final terkait permasalahan ini maka PT Pertagas belum bisa melanjutkan pengerjaan pemasangan pipa tersebut.  “Intinya mereka (Pertagas) harus menyesuaikan program kita kedepan,” katanya.

Ssbelumnya, sesuai instruksi Gubernur Provinsi Sumatera Selatan H. Alex Noerdin, melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (PUBM-TR) Sumsel, menghentikan sementara pengerjaan proyek pembangunan Pipa Gas Grissik – Pusri (PPGGP) dan PLN di jalan Noerdin Panji, karena dianggap menyalahi ketentuan izin yang dikeluarkan.(tma)

LEAVE A REPLY