Peringati Hari Cinta Kasih, KBI Sumsel Tanam Pohon

0
214

 

RADAR PALEMBANG- Keluarga Buddhayana Indonesia (KBI) Sumatera Selatan menggelar kegiatan penanaman pohon di areal lahan seluas kurang lebih 4.400 meter persegi milik Yayasan Buddhakirti Palembang di jalan Sukabangun II tepatnya dikawasan Soak Palembang Selasa (1/1).

Sukartek Ketua Majelis Buddhayana Indonesia (MBI) kota Palembang mengatakan, kalau kegiatan menanam pohon ini digelar untuk memperingati hari Metta atau cinta kasih. “Ada sekitar 40 pohan yang  kita tanam yakni pohon boddhy, 22 pohon kwan im, 6 pohon kepala hijau, 8 pohon ketapang mini, 5 batang kepala gading, 1 pohon mangga harum manis, durian montong dan musaking, matoa, kelengkeng dan pohon rambutan,” ungkapnya.

Sukartek menjelaskan, kalau Hari raya Metta dirayakan pada bulan Januari, dan hari raya ini jatuh tepat pada tanggal 1 Januari. “Hari raya Metta ini baru ditetapkan pada tahun 1970 oleh World of Buddhist Council di Hongkong. Peristiwa ini terjadi sehubungan dengan peresmian sebuah rumah sakit Buddhis di Hongkong yang dihadiri oleh umat Buddha dari seluruh dunia pada tanggal 1 Januari 1970. Dalam kesempatan ini Perhimpunan Sangha Sedunia menyatakan bahwa: Rumah sakit yang bersifat sosial merupakan perwujudan cinta kasih yang nyata.

“Maka seyogianya di dalam memperingati hari Metta, pikiran kita penuh dengan perbuatan-perbuatan kemanusiaan dan secara khusus melaksanakan Metta Bhavana. Pada hari raya Metta sebaiknya umat Buddha melakukan kegiatan-kegiatan yang bersifat cinta kasih, salah satunya yakni dengan menanam pohon, “katanya.

Sukartek menceritakan kalau kedepannya lahan yang ditanam pohon milik yayasan Buddhakirti Palembang akan dibangun rumah retret untuk aktivitas keagamaan keluarga Buddhayana Indonesia. (sep)

 

LEAVE A REPLY