Perindo Sumsel Gelar Nobar Film G 30 S/PKI

0
561

 

 

RADAR PALEMBANG, Seiring diterbitkannya aturan dan anjuran untuk menonton kembali film Gerakan 30 September Partai Komunis Indonesia (G 30 S/PKI) oleh Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo, sejumlah lembaga turut serta memutar ulang film tersebut.

Tidak ketinggalan, Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai Persatuan Indonesia (Perindo) Sumatera Selatan (Sumsel) menggelar kegiatan i acara nonton bareng (nobar) film G 30 S/PKI di kantor DPW Partai Perindo Sumsel di Jalan R. Sukamto Palembang Sabtu (30/9).

“Agenda nobar film G 30 S/PKI tidak hanya akan disaksikan para kader tapi juga masyarakat,” kata Ketua DPW Partai Perindo Sumsel Febuar Rahman, saat memberi kata sambutan Sabtu (30/9). Dia berharap, dengan menyaksikan film G 30 S/PKI, dapat memperkokoh rasa nasionalisme dan membangkitkan kembali semangat patriotik membela bangsa. “Masyarakat perlu menyadari kembali bahwa paham komunis dan PKI sangatlah bahaya dan sebagai ancaman bagi NKRI. Untuk itulah tujuan pemutaran film G 30 S/PKI kami lakukan,” jelasnya. Untuk diketahui, film berjudul “Penumpasan Pengkhianatan G 30 S/PKI” disutradarai dan ditulis Arifin C. Noer, diproduseri G. Dwipayana, dan dibintangi Amoroso Katamsi, Umar Kayam, dan Syubah Asa.  Film tersebut diproduksi selama dua tahun dengan anggaran sebesar Rp 800 juta yang disponsori pemerintahan Orde Baru. Film ini dibuat berdasarkan pada versi resmi menurut pemerintah kala itu. Dan dari peristiwa yang terjadi pada malam hari, 30 September sampai di awal 1 Oktober 1965, tujuh perwira tinggi militer Indonesia beserta beberapa orang lainnya dibunuh dalam suatu usaha kudeta.  Sementara itu, pantauan Radar Palembang diacara nonton bareng cukup disambut antusias masyarakat, itu terlihat dengan penuhnya kursi yang disediakan partai Perindo untuk menyaksikan film ini .(sep)

LEAVE A REPLY