Percantik Barang Lama dengan Decoupage

0
48
Pemilik House of Elma Decoupage and Craft Palembang, Elma

RADAR PALEMBANG –  Decoupage merupakan cara menyenangkan dan mudah untuk mendekorasi ulang objek benda apa saja. Barang-barang di rumah seperti tas anyaman rotan, koper kulit, piring porselen, botol bekas, hingga peralatan dapur seperti talenan bisa dipercantik dengan teknik kerajinan tangan ini.

Pemilik House of Elma Decoupage and Craft Palembang, Elma menjelaskan, decoupage berasal dari Perancis yang berarti desain gambar yang dipotong dari kertas kemudian diaplikasikan pada media datar. Kertas bergambar tersebut berupa kertas tisu berlapis tiga lembar.

“Barang lama yang sedikit rusak permukaannya bisa ditutup dengan seni decoupage ini, saya sudah coba sendiri dengan koper jadul atau tas lainnya,” katanya kemarin.

Elma memastikan, siapa saja yang menyukai seni sebenarnya bisa berkreasi sendiri dengan kerajinan decoupage. Pilihan desain kertas tisu bisa dicari di internet atau memesan khusus di jejaring pengrajin.

Sejumlah gambar biasanya didapat dari luar negeri dengan bertemakan vintage dan bunga-bunga. Sementara di Indonesia belum ada yang produksinya. Ia sendiri sedang mengupayakan produksi desain gambar khas Palembang, seperti motif jumputan, Jembatan Ampera, dan lainnya.

Langkah untuk membuat kerajinan decoupage menurutnya sangat mudah. Anda perlu persiapkan peralatan yang dibutuhkan seperti kertas tisu bergambar, lem kertas, gunting, kuas atau spon. Ambil pola tisu kemudian gunting gambar yang disukai. Setelah itu, oleskan lem pada objek benda yang ingin dihias.

Untuk merekatkan tisu bergambar ke atas benda yang akan didekorasi disarankan Elma dengan lem khusus yang tahan air. “Cara merekatkannya bisa dengan kuas, spon, atau tangan, tentu ada triknya agar lem tidak merusak kertas tisu,” kata dia.

Tempelkan pola tisu yang sudah diguting pada permukaan benda yang sudah diberi lem. Kemudian, setelah kering, beri lapisan lem pada tisu yang sudah tertempel tadi. Terakhir, bila perlu semprotkan vernis jika Anda menginginkan hasil sempurna.

Elma yang mempunyai latar belakang bidang penerbangan ini mengaku sudah menjalani kerajinan ini sejak 3,5 tahun terakhir. Karena begitu antusias dengan decoupage, ia bahkan belajar sampai ke Jakarta. “Sekarang saya bisa menghasilkan uang tambahan dari teknik seni ini, cukup banyak peminat hasil karya decoupage yang saya buat, saya juga mengajarkannya untuk yang lain,” tuturnya.

Dia yakin, teknik kerajinan decoupage semakin banyak disuka. Sebab, kerajinan decoupage bisa dikreasikan lagi dengan menambah renda atau pernak-pernik di sisi pinggir gambar yang sudah dilem di benda kesayangan. (hen)

 

 

LEAVE A REPLY