Penyayang Bonkla Bakal Adakan Kontes Nusantara

0
343

Ciptakan Ekonomi Kreatif di Desa

RADAR PALEMBANG – Penyayang sekaligus penggemar bonkla (bonsai kelapa) di Kabupaten Lahat mengajak warga Lahat untuk melakukan budidaya. Selain dapat menyalurkan hobi, budidaya bonkla juga diyakini mampu membantu meningkatkan ekonomi kreatif bagi ibu rumah tangga maupun wanita karier.

Penyayang bonkla Kabupaten Lahat Eenk Muda mengatakan, berawal dari hobi berburu berbagai jenis varian bibit kelapa menjadi langkah awal membuat bonkla, bahkan saat ini telah disosialisasikan ke desa desa dengan maksud memberdayakan ekonomi desa hingga kabupaten.

“Tumbuhan kelapa jika diolah dan dikemas dengan berbagai bentuk maka akan menjadi salah satu komoditi yang punya nilai jual tinggi di pasaran, khususnya bagi penggemar jenis tanaman bonsai itu sendiri. Dalam waktu dekat penyayang bonkla Kabupaten Lahat akan mengadakan kontes yang diikuti seluruh pecinta dan penyayang bonkla se- nusantara,” ujarnya.

Senada dikatakan Ganda Taruna, penyayang bonkla lainnya, dengan membeli bibit kelapa sampai ke pelosok desa desa yang ada di Kabupaten Lahat, maka akan menjadikan semangat motivasi bagi warga desa agar memanfaatkan buah kelapa menjadi lebih bermanfaat, sehingga mendongkrak perekonomian baru dengan budidaya bonkla.
“Uniknya dalan penyayang bonkla kami tidak punya susunan kepengurusan, karena masing masing dari kami hanya sebagai pehobi dan kami tidak mengklaim bahwa kami adalah komunitas,” tegas Ganda.

Ditambahkan Tirta, Ketua Panitia Kontes Bonkla Nusantara, saat ini pihaknya punya agenda yang sejak lama diwacanakan, yaitu menyelenggarakan kontes dan pameran bonkla se-Indonesia di Kabupaten Lahat dalam waktu dekat.

“Dalam situasi pandemi Covid-19 sekarang ini banyak sektor yang mengalami kemerosoran pendapatan ekonomi, dengan adanya minat beli yang baik terhadap kelapa maka ekonomi di banyak desa dalam Kabupaten Lahat ikut terdorong naik secara signifikan,” terang Tirta.
Untuk pameran dan kontes bonkla yang rencananya akan dilaksanakan akan mengundang banyak komunitas penggemar bonsai yang ada di seluruh Indonesia. “Saat ini kami sedang menyiapkan segala sesuatunya terkait wacana tersebut,” pungkas Tirta. (man)

LEAVE A REPLY