Pendaki Puncak Dempo Kembali Hipotermia

0
553

 

RADAR PALEMBANG – Belum satu pekan kejadian meninggal dunia mahasiswa Fakultas Hukum Muhammadiyah Palembang, akibat terkena hipotermia saat beraktivitas dan kegiatan alam bebas di gunung Dempo. kemarin,  salah seorang pendaki diduga kmebali mengalami hipotermia.

Informasi yang dikumpulkan, korban atas nama Ayu. Salah seorang dari 6 pendaki, 5 berasal dari Jambi dan 1 orang lagi warga Pagaralam melakukan pendakian ke puncak Dempo melalui jalur pendakian Tugu Rimau, Sabtu (9/2) kemarin. Sekira pukul 21.30, ibunda (keluarga) korban, atas nama Riska, melapor ke Basarnas Pos Pagaralam, bahwa anaknya Ayu, belum turun dari puncak Dempo setelah melakukan pendakian bersama 4 temannya dari Jambi.

Setelah berkoordinasi dengan pihak keluarga korban, Tim Basarnas dan BPBD Kota Pagaralam  segera meluncur ke Kampung IV, untuk melaksanakan evakuasi korban, sementara menurut info terakhir, mengalami gangguan pernapasan, hingga membutuhkan bantuan oksigen.

Kepala BPD Pagaralam, Herawadi SSos, melalui Kusmanto, Kabid kedaruratan BPBD menjelaskan, Tim BPBD dengan jumlah personel sekitar 20 orang, berkumpul dan berkoordinasi dengan Basarnas Pos Pagaralam. Senin (11/2), sekira pukul 01.00 dinihari telah bergerak untuk ikut membantu evakuasi korban yang masih terpapar di Shelter 2 jalur pendakian Kampung IV.

Sementara itu, menyikapi sejumlah insiden pendakian ke puncak Dempo yang menimpa para pendaki, Kapolres Pagaralam, AKBP Tri Saksono Puspo Aji menyampaikan pihaknya akan berkoordinasi dengan pihak terkait mengenai pengawasan terhadap aktivitas pendakian serta pintu masuk pendakian di Kampung IV. “Kita akan evaluasi izin pendaki ke Dempo, dan siapa yang berhak mengeluarkan izin pendakian,” ujar dia, didampingi Ps Paur Humas Polres Pagaralam, Bripka Paino.

Pada kesempatan kemarin (11/2), Kapolres bersama Kabag Ops, Kompol Sunarso; Kabag Sumda, Kompol Tri Warman, terjun ke lapangan menuju kawasan Kampung IV yang merupakan base camp pendakian ke puncak Dempo. Di lokasi, Kapolres Pagaralam, AKBP TrI Saksono berserta jajaran tatap muka dengan anggota TNI,  tim BPBD, Basarnas, petugas kesehatan yang sedang berkumpul menunggu penyambutan evakuasi terhadap salahsatu pendaki asal Jambi, bernama Ayu mengalami insiden hipotermia di Gunung Dempo.

Di lokasi tersebut, selain sudah siaga petugas kesehatan mengawal korban hipotermia ini juga sudah disiagakan satu unit ambulance membantu proses evakuasi. “Alhamdulillah, infomasi yang diterima pendaki yang dilakukan evakuasi bersama tim gabungan Basarnas serta anak anak pecinta alam dalam kondisi selamat. Ke depan, anggota kita (Polres Pagaralam, red) siap membantu evakuasi,” pungkasnya. (rd3)

LEAVE A REPLY