Pemudik Bermotor Mulai Ramai

0
769

RADAR PALEMBANG – Lima hari menjelang Hari Raya Idul Fitri 1435 Hijriah, pemudik menggunakan sepeda motor mulai terlihat ramai melintas di ruas Jalan Lintas Tengah (Jalinteng) Sumatera khususnya di Kabupaten OKU Timur.Berdasarkan pengamatan di lapangan Rabu (23/7) pemudik yang menggunakan sepeda motor terlihat berjalan beriringan (konvoi red) dengan jumlah paling sedikit dua hingga tiga unit sepeda motor.

Selain itu, pemudik yang menggunakan sepeda motor biasanya berboncengan dengan membawa tas di bagian depan untuk motor bebek dan tas di bagian belakang untuk motor besar.

Salah seorang pemudik bermotor Alimin yang dibincangi bersama enam orang rekannya mengatakan, mereka berkendara selama tiga hari dari daerah Karawang menuju Belitang, OKU Timur. Mereka mengaku berjalan berboncengan dengan santai dan sengaja menghindari melintasi ruas jalan rawan kriminalitas saat malam hari.

“Kami tidak ingin menjadi korban aksi kriminalitas. Memang penjagaan dan patroli sangat ketat. Namun untuk antisipasi kami selalu beristirahat di tempat-tempat yang benar-benar aman seperti pos polisi dan lainnya,” ujarnya ketika dibincangi saat berhenti di rel kereta api pasar Martapura.

Menurut Alimin, kondisi di jalanan dari pulau jawa hingga tiba di OKU Timur masih relatif aman dan tidak ada kendala baik kemacetan maupun gangguan lainnya. Hanya saja kata dia, yang menjadi gangguan adalah banyaknya kendaraan berat yang merupakan angkutan barang yang masih melintas dengan mengelabui petugas. “Jadi, kita agak susah saat mau menyalip truk besar, apalagi truk besar sering konvoi,” ungkapnya.

Sementara berdasarkan pemantauan petugas Dinas Perhubungan OKU Timur di pos pantau Desa Kotabaru, jumlah kendaraan yang melintas terus mengalami peningkatan dari hari sebelumnya. Jumlah sepeda motor dari pagi hari hingga pukul 12.00 WIB siang mencapai 35 unit, dan kendaraan mobil Pribadi 127 unit, mobil penumpang 16, dan mobil barang sebanyak 21 unit.

“Kadang ramai kadang tidak. Namun sejak H-7 bisa dikatakan ramai lancar jalanan tidak pernah sepi. Memang ada waktu-waktu tertentu yang ramai baik roda empat maupun sepeda motor,” ungkap Bahrudin salah satu petugas Dinas Perhubungan saat ditemui di pos pantau. (awa)

LEAVE A REPLY