Pemkot Palembang Pasang WiFi Gratis di 60 Titik

0
220
Walikota Palembang H Harnojoyo saat melaunching sistim Daring WiFi gratis yang diberikan kepada SD, SMP serta para guru dan siswa tersebut.

RADAR PALEMBANG – RENCANA dalam penerapan internet gratis (WiFi) yang dilakukan di tingkat Sekolah Dasar (SD) serta Sekolah Menengah Pertama (SMP) kini telah mencapai 60 titik pemasangan. Nantinya akan ada 400 titik pemasangan internet gratis (wifi) yang akan di pasang oleh Pemkot Palembang.

Hal tersebut disamapaikan langsung oleh Kepala Dinas Pendidikan kota Palembang, Ahmad Zulinto SPd MM dalam Launching Jaringan Internet (Wifi) Gratis bagi Siswa serta Guru SD dan SMP se-Kota Palembang secara Virtual. “Kita di sini tidak menggunakan dana APBD, jadi kalau tidak menggunakan dana APBD kita menggunakan dana BOS. Karena, di dalam petunjuk tehnis BOS Kemendikbud, boleh digunakan untuk WiFi atau untuk internet,” ujarnya.

Saat ini mungkin baru 60 titik, tapi pemasangan ini akan terus berjalan. “Memang kemarin sempat terkendala di peralatan. Kita harus membuat 400 titik, karena di daerah pemukiman itu juga harus kita pasang,” jelasnya.

Ia juga memaparkan, bahwa apa yang dilakukan tersebut juga berkaitan dengan perkembangan teknologi, yaitu revolusi 4.0 dimana kemajuan setiap daerah juga harus mengikuti setiap perkembangan teknologi.”Jadi saatnya nanti, apa yang dibutuhkan oleh revolusi 4.0, secara otomatis kita sudah melaksanakan itu, bukan karena kita Pandemi ini saja, tetapi kita memang sudah mengubah prilaku,” katanya.

Terkait sistem akses WiFi tersebut, Zulinto menyampaikan, bahwa akses internet gratis tersebut juga tidak hanya dapat digunakan oleh para siswa, melainkan dapat digunakan juga oleh para guru, baik PNS ataupun Honorer.”Keperluaan administrasi sekolah secara online juga bisa digunakan. Jadi bukan hanya belajar saja,” jelasnya.

Terkait teknis dalam pengaksesan jaringan internet gratis tersebut, Zulinto juga menjelaskan, bahwa akan ada user name ataupun pasword yang dapat digunakan oleh masing-masing siswa ataupun guru, yaitu Nomor Induk Siswa bagi siswa, Nomor Induk Pegawai (NIP) bagi guru PNS.

“Kalau yang belum PNS dia menggunakan NUPTK. Nah, kalau yang belum NUPTK namun dia masih honorer, nanti akan kita carikan kodenya bagaimana. WiFi ini bisa diakses 24 jam, namun ada yang memang kita kunci, seperti Game ataupun hal-hal negatif,” jelasnya.

Sementara itu, Walikota Palembang, H. Harnojoyo mengungkapkan apresiasinya terhadap Dinas Pendidikan kota Palembang yang dinilai telah sukses dalam melaunching sistim Daring WiFi gratis yang diberikan kepada SD, SMP serta para guru dan siswa tersebut.

Walikota Palembang dua periode itu juga berharap, dengan adanya fasilitas WiFi gratis yang diberikan bagi siswa guna proses pembelajaran sistim Daring tersebut, dapat menjadi jawaban terkait kendala yang kerap kali dikeluhkan tentang mahalnya kuota internet.”Jadi tidak ada alasan lagi bagi siswa kita untuk belajar, ataupun keluhan bahwa biaya kuota mahal. Ini memang baru 60 titik, kurang lebih 60 sekolah, sekolah kita ini keseluruhan dari SD dan SMP ada 309. InsyaAllah dalam waktu dekat, mungkin di tahun 2021 ini semua akan mendapatkan fasilitas gratis ini,” pungkasnya. (spt)

 

 

 

LEAVE A REPLY