Pemkot Hanya Lakukan Perbaikan Pustu

0
5816
RADAR PALEMBANG, RP- Keberadaan Puskesmas Terpadu (Pustu) yang tersebar di 18 kecamatan Palembang dinilai Dinas Kesehatan Kota Palembang telah lebih dari cukup. Sehingga tidak akan adanya penambahan lagi lantaran pelayanannya tidak semaksimal puskesmas.
Kepala Dinas Kesehatan Kota Palembang dr Letizia mengatakan, 70 pustu yang ada di sekitar lingkungan masyarakat diupayakan sebagai tempat pelayanan kesehatan terutama bagi warga sekitar yang sulit menjangkau puskesmas dan rumah sakit.
Sesuai dengan pembahasan pada rapat paripurna di DPRD Kota Palembang beberapa waktu lalu, ketersediaan masih kurang dan peningkatan kualitas pelayanan puskesmas perlu ditingkatkan terutama di wilayah pinggiran. pihaknya tidak akan menambah jumlah pustu. Sebab, pelayanan pustu diakuinya kurang maksimal. “Pustu juga ditempatkan di wilayah pinggiran, tapi kami rasa itu tidak akan ditambah. Kita hanya akan merenovasi saja, tidak akan menambah. Sementara pelayanan di pustu itu juga tidak semaksimal di puskesmas,” ujarnya kemarin.
Dia mengatakan perbaikan pustu akan dilakukan tahun depan. Pihaknya akan fokus pada perbaikan pustu yang berada di wilayah rentan banjir. “Ada 12 pustu yang akan diperbaiki. Semuanya berada di kawasan banjir, salah satunya di Kalidoni. Rata-rata yang mengalami kerusakan karena banjir ini adalah pustu yang berada di daerah pinggiran,” jelasnya.
Lantaran pelayanan di pustu tidak semaksimal di puskesmas, maka pihaknya merencanakan akan menempatkan dokter untuk praktek di seluruh pustu. Saat ini dokternya sudah siap, tinggal menentukan jadwal pelayanan yang berbeda. Meski dokter tersebut tidak setiap hari ada melainkan hanya seminggu sekali, namun ia menilai ini akan membantu pasien yang membutuhkan penanganan dokter.
“Sejauh ini di satu pustu itu hanya ada perawat dan bidan, dengan ditambah dokter seminggu sekali ini bisa meningkatkan pelayanan meskipun tidak semaksimal di puskesmas, tetapi masyarakat bisa lebih cepat dilayani sebelum mendapatkan rujukan ke pelayanan kesehatan tingkat selanjutnya,” pungkasnya.(spt)

LEAVE A REPLY