Pemkot Anggarkan 8 Miliar Untuk Pencegahan Covid-19

0
210
Walikota Palembang meneyerahkan bantuan disinfentan kepada masyarakat

RADAR PALEMBANG – Penyebaran Corona virus disease (covid-19) di Indonesia cukup cepat. Tak ingin kecolongan, Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang menganggarkan Rp8 miliar untuk penanganan wabah pandemi ini. Dana tersebut digunakan untuk mengurangi atau menekan covid-19.

Sekretaris Daerah (Sekda), Drs Ratu Dewa MSi, mengatakan, bahwa nominal ini berasal dari dana Alokasi Khusus (DAK) dan Bantuan Operasional kesehatan (BOK) dan Dana Insentif Daerah (DID). “Dana ini diprioritaskan untuk penanganan covid-19. Dana tersebut sebetulnya dianggarkan untuk pembangunan infrastruktur, tapi karena ini sangat mendesak jadi kita prioitaskan dulu untuk penangan wabah pandemic ini,” jelas Ratu Dewa usai rapat penanganan covid-19 belum lama ini.

Dewa menegaskan, pencegahan covid-19 ini harus diprioritaskan karena ini untuk membeli berbagai kebutuhan, seperti baju Alat pelindung diri (ADP), alat kesehatan pendukung lainnya tergantung kebutuhan. “Jadi kita lakukan pergeseran anggaran, kita prioritaskan dulu penanganan covid-19 ini,” tegasnya.

Untuk besaran anggarannya lanjut Dewa akan dihitung kembali sesuai usulan dari Dinas kesehatan (Dinkes) Kota Palembang. Pihaknya juga sedang berkoordinasi dengan Badan Anggaran (Banggar) Dewan Perwakilan rakyat Daerah (DPRD) Kota Palembang.

“Kalau hanya satu Organisasi perangkat dinas (OPD) saja yang mengalami pergeseran, kita tidak perlu meminta persetujuan DPrD, tapi kalua antar unit, maka kita harus menunggu keputusan Banggar,” jelasnya.

Termasuk kata mantan Kabag Humas Kota Palembang ini mengusulkan pengadaan kendaraan untuk bagi yang terindikasi covid-19 dan berstandar, apabila di perjalanan tetap bias dilakukan tindakan.”Seluruh OPD silahkan untuk mengusulkan apa saja kebutuhannya,” pungkasnya.(spt)

 

 

LEAVE A REPLY