Pemenang Surat untuk Gubernur Ikuti Wawasan Kebangsaan

0
176

Kunjungi Kemenpora RI hingga Akademi Angkatan Udara di Yogyakarta

RADAR PALEMBANG – Gembira dan penuh semangat. Itulah yang tergambar pada wajah 52 anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Merah Putih Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) dan 20 siswa berprestasi, pada program Wawasan Kebangsaan yang digelar Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Provinsi Sumsel.

 

Sebelumnya, 52 anggota Paskibraka Pemprov Sumsel terdiri 26 putra dan 26 putri ini sukses menjalankan tugas sebagai pasukan pengibar bendera merah putih pada HUT RI ke-74 tahun digelar di halaman Istana Gubernur Sumsel, pada 17 Agustus lalu. Mereka merupakan siswa dan siswi terbaik perwakilan SMA/SMK/MA dari 17 kabupaten/kota se-Sumsel.

Sementara 20 siswa dan siswi berprestasi tingkat SMA/SMK/MA dan SMP MTs merupakan pemenang pertama Lomba Menulis Surat untuk Gubernur dan Wakil Gubernur Sumsel H. Herman Deru SH MM dan H Mawardi Yahya, yang digelar awal 2019 lalu digelar serentak se-Sumsel dan berhasil mencetak Rekor MURI (Museum Rekor Dunia Indonesia) kategori Menulis Surat Terbanyak di Kertas Koran diikuti 49 ribu siswa lebih di 17 Kabupaten/Kota se-Sumsel, digelar koran daerah Sumatera Ekspres (Sumeks) Group. Wawasan Kebangsaan sendiri dilaksanakan dari 25 hingga 30 November.

Kadispora Sumsel H Akhmad Yusuf melalui Kabid Pemberdayaan Pemuda didampingi Kasi Kepemimpinan, Kepeloporan dan Kemitraan Pemuda Hunce J. Hamzah M.Si mengatakan, program wawasan kebangsaan merupakan program rutin tahunan yang diperuntukan bagi siswa siswi anggota Paskibraka.

 Program ini digelar setelah selesai menjalankan tugas mulia sebagai pasukan pengibar bendera pusaka merah putih pada HUT ke-74 tahun Kemerdekaan RI yang digelar Pemprov Sumsel pada 17 Agustus lalu. Dimana atas arahan Gubernur Sumsel H Herman Deru SH MM  mereka nantinya akan mengikuti wawasan kebangsaan dengan mengunjungi beberapa lembaga pemerintahan, tempat bersejarah dan lokasi wisata di Indonesia.

“Pada program ini ada beberapa tempat akan dikunjungi. Tentunya yang memiliki nilai edukatif bagi siswa,” ujar Dwi. Diantaranya lanjut wanita berjilbab ini, kunjungan diawali ke Satsiun NET.TV menghadiri acara talkshow, selanjutnya ke Mabes Polri mengunjungi Museum Polri, Kementrian Pemuda dan Olahraga ( Kemenpora) RI.

Tak hanya itu, kunjungan wawasan kebangsaan juga akan bertandang ke AKPOL Semarang, AKMIL Magelang, Akademi Angkatan Udara (AAU) Yogyakarta. “Peserta juga nantinya akan mengunjungi kawasan wisata Candi Borubudor, dan kawasan Malioboro Yogyakarta,” terang Dwi.

Untuk kunjungan pada Selasa 26 November yang merupakan hari kedua, rombongan seteleh mengunjungi Museum Polri dilanjutkan ke Kemenpora RI diterima Asisten Deputi Organisasi, Kepemudaan dan Pengawasan Kepramukaan Kemenpora  RI Abdurofur dan Asisten Deputi Kepemimpinan dan Kepeloporan Pemuda Kemepora RI di gedung Serbaguna.

Sementara itu hadapan pejabat Kemenpora Kadispora Sumsel H Akhmad Yusuf diwakili Drs Adi Wahyuono MM selaku Kabid Pengembangan Pemuda mengucapkan terima kasih atas penerimaan dari Kemenpora RI terhadap rombongan yang ikut wawasan kebangsaan.

 “Kami tidak menyangka jika kami akan diterima dengan sangat baik, untuk itu kami sangat berterima kasih sekali. Selanjutnya kedatangan anggota Paskibraka dan siswa berptestasi ingin mendapatkan wawasan yang diharapkan dapat berguna bagi pengembangan masa depannya sebagai generasi penerus bangsa,” terangnya.

Dalam kegiatan wawasan kebangsaan inj peserta didampingi Drs Adi Wahyuono MM Kabid Pengembangan Pemuda, Dra Hj Dwi Yani Dharmaputri M.Si, Kabid Pemberdayaan Pemuda, Hunce J. Hamzah M.Si Kasi Kepemimpinan, Kepeloporan dan Kemitraan Pemuda, Dra Hj Lidya Purnamasari Kasi peningkatan dan Kapasitas Pemuda, Eko Sutarto Kasi Organisasi Kepemudaan dan Kepramukaan, Drs Harun Apriadi MM Kasi Kewirausaha, staf dan para pendamping siswa berprestasi. (seg)

LEAVE A REPLY