Pembinaan Eks Gafatar 1 Minggu

0
1133

 

RADAR PALEMBANG – Direncanakan Jumat (29/1/2016), warga Sumsel eks Gafatar atau Gerakan Fajar Nusantara akan dijemput Pemerintah Provinsi Sumsel melalui Dinas Sosial (Dinsos) Sumsel dan Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Sumsel akan dijemput pulang.

Dalam penjemputan tersebut, Dinsos dan Kesbangpol akan dikawal pengamanan TNI dan Polri, dari Boyolali, Jawa Tengah. Tercatat 10 warga terdata sebagai warga Sumsel. Pasca tiba di Palembang, warga Sumsel eks Gafatar akan ditempatkan sementara di Trauma Center, sebelum di jemput pemerintah kabupaten kota masing-masing.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinsos Sumsel, Belman Karmuda, Kamis (28/1/2016) mengatakan surat memberitahukan ada 10 orang asal Sumsel di Boyolali, Jawa Tengah. “Gubernur Sumsel memberikan perintah untuk menjemput warga eks Gafatar tersebut,”jelasnya di ruang kerja.

Dalam penjemputan tersebut, ia menambahkan, berangkat dikawal TNI dan Polri, karena ini perlu kehati-hatian. Mencegah kekhawatiran tindakan yang tak diharapkan akan terjadi. Untuk selanjutnya akan dititipkan di panti sosial, diberikan pembinaan. Menurut Belman, pembinaan di rumah singgah, trauma center hanya 1 minggu saja.

Pendampingan, tempat tidur, dan fasilitas lainnnya disediakan di trauma center. Bahkan, pengamanan juga akan akan dilaksanakan sesuai dengan standar operasi yang ada. “Pengamanan dari pihak yang berwajib tetap dilaksanakan. Karena ada 10 warga eks Gafatar, tidak mungkin hanya 1 petugas keamanan,”jelas dia kepada Radar Palembang.

Setibanya di Palembang, Belman menghimbau agar menerima warga eks Gafatar, karena semuanya adalah saudara. “Kita harapkan tidak ada diskriminasi, jangan ada olok-olok, karena mereka juga merupakan saudara kita. Sekarang mereka kembali,”ujar dia.

Sebelumnya, Gubernur Sumsel H Alex Noerdin, Rabu (27/1/2016) sore mengatakan, 10 orang tersebut begitu sampai di Provinsi Sumatera Selatan akan dibawa terlebih dahulu ke Panti sosial, untuk diberikan pembinaan. “Kami akan berikan pengertian lagi,” kata dia. (dav)

 

LEAVE A REPLY