Pembangunan Sudah Capai 95 Persen

0
680

 

+ Kelenteng Gie Hap Bio Palembang

 

RADAR PALEMBANG – Renovasi pembangunan kelenteng Gie Hap Bio yang terletak di Jalan Diponogoro kelurahan Talang Semut Palembang hingga kemarin telah mencapai 90 persen dimana saat ini tinggal merapikan keramik didalam kelenteng melakukan finishing dibagian depan.

“Untuk didalam kelenteng sudah hampir selesai, kita kini tengah membangun bagian depan untuk umat meletakan hio atau dupa saat sembahyang,”ucap Ketua kelenteng Gie Hap Bio Basuki, kemarin.

Berdasarkan pantauan koran ini keindahan dan kemegahan sudah terlihat dimana dinding luar tersebut dibuat ukiran-ukiran gambar hewan mulai dari naga, harimau, gajah dan banyak lagi lainnya.

Begitupun dinding samping juga dipasang keramik dengan ciri khas masyarakat Tionghoa Bagaimana dengan bagian dalam? Kemarik dengan ornamen-ornamen ciri khas masyarakat Tionghoa sudah terpasang. “Semua kita bungkus kembali pakai plastic, nanti dibuka saat peresmian,”ujarnya

Menurut Basuki, pembangunan kelenteng ini diharapkan selesai pada akhir tahun ini. “Kita merenovasi kelenteng ini pada pertengahan tahun 2016 yang lalu dan kita targetkan pembangunannya selesai pada akhir tahun ini,”katanya.

Basuki juga mengungkapkan, kalau kelenteng Gie Hap Bio ini merupakan kelenteng tertua di Palembang atau sama usianya dengan kelenteng Dewi Kwan Im 10 Ulu dan kelenteng Hok Ching Bio di Pulau Kemaro. “Dua kelenteng itu sudah direnovasi, kelenteng Gie Hap Bio belum. Makanya sekarang direnonasi agar indah,”terangnya (sep)

LEAVE A REPLY