Pelayanan Pensiun PNS, Lahat Terbaik Nasional

0
909

 


RADAR PALEMBANG 
– Prestasi kembali ditoreh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lahat di tingkat nasional. Kamis (26/5), Pemkab Lahat menerima BKN Award Tahun 2016. Tidak main-main, BKN menobatkan Kabupaten Lahat terbaik pertama tingkat nasional untuk Kategori Pelayanan Pensiun PNS.

Penghargaan BKN Award 2016, diserahkan langsung Kepala BKN, Bima Haria Wibisana, saat acara Rapat Koordinasi Nasional Kepegawaian BKN 2016, di Ballroom Hotel Bidakara, Jakarta Selatan, dan diterima Bupati Lahat H Aswari Riva’i SE. “Semoga ini menjadi motivasi bagi pengelola kepegawaian di instansi, serta mendorong kreativitas, memanfaatkan penggunaan teknologi informasi dalam pelaksanaan manajemen ASN di Kabupaten Lahat,” kata Aswari.

Kabupaten Lahat berhasil dinobatkan, setelah menyingkirkan Kabupaten Aceh Selatan, Kabupaten Jayapura, Kabupaten Sorong, dan Kabupaten Pringsewu, sebagai nominasi. Namun, Kabupaten Lahat berhasil menjadi yang terbaik dalam BKN Award tersebut.

Aswari mengungkapkan, penghargaan ini harus menjadi pendorong Pemkab Lahat dalam memberikan pelayanan. Pelayanan yang dimaksud bukan saja pelayanan terhadap pensiunan PNS saja, melainkan harus menyeluruh menyentuh segala sendi kehidupan masyarakat Kabupaten Lahat. “Jangan hanya dalam bentuk sebuah piagam saja. Harus dirasakan seluruh masyarakat,” kata pemimpin muda ini.

Menariknya proses penilaian dilakukan melalui dua tahapan, tahap pertama, seleksi dilakukan pimpinan unit teknis terkait dengan kategori yang ditetapkan yang juga diikuti oleh seluruh Kepala Kantor Regional BKN untuk masing-masing wilayah kerja. Proses penilaian dilakukan secara incognito atau instansi yang dinilai tidak mengetahui bahwa instansinya sedang dinilai.

Tahap pertama ini terjadi tarik ulur yang sangat intens di mana masing-masing Kepala Kantor Regional BKN mencoba mempertahankan kandidat BKD yang diajukan. Proses konfirmasi dan klarifikasi antar tim pada tahap ini juga dilakukan. Hasil yang didapat pada tahap pertama ini adalah terpilihnya lima nominasi pada tiap kategori termasuk dengan perangkingannya.

BKN Award 2016 sendiri merupakan penghargaan kepada instansi yang berhasil dalam menyelenggarakan manajemen ASN secara kreatif, inovatif, akuntabel, konsisten, sesuai dengan kaidah, norma, standar dan prosedur yang berlaku. Penghargaan yang diberikan diharapkan dapat menjadi motivasi bagi pengelola kepegawaian di instansi, mendorong kreatifitas dan inovasi, serta penggunaan teknologi informasi dalam pelaksanaan manajemen ASN. (infohumas)

 

LEAVE A REPLY