Pelayanan Dibuka Sabtu MInggu

0
416

 

RADAR PALEMBANG– Selain sebagai tempat ibadah umat Buddha Vihara Dharmakirti Palembang juga memberikan pelayanan untuk pemberkahan bagi umat yang mau menikah sebelum dicatatkan di kantor Catatan Sipil.
Drs Darwis Hidayat MM, Pembina Vihara Dharmakirti mengatakan, pelayanan tersebut biasanya digelar pada hari Sabtu dan Minggu. “Pelayanan pemberkahan ini sudah dilakukan Vihara Dharmakirti sejak tahun 1980-an,” katanya.
Menurut Darwis, dalam melakukan pemberkahan pernikahan harus dipimpin oleh seorang Pandita senior yang harus memiliki sertifikat Pandita Lokapalasraya dari kementerian Agama. “Di vihara Dharmakirti ini yang sudah memiliki sertifikat Pandita Lokapalasraya berjumlah 3 orang,” katanya.
Darwis mengatakan, ke depan Vihara Dharmakirti juga akan melakukan pengkaderan untuk menjadi seorang pandita senior. “Caranya dengan mengirimkan kader tersebut untuk mengikuti berbagai pelatihan dan seminar agar bisa memiliki sertifikat Pandita Lokapalasraya,” terangnya.
Darwis juga menjelaskan, kalau di Vihara ini pemberkahan ramai saat bulan genap sedangkan dibulan ganjil seperti bulan 7 umat yang melakukan pemberkahan sepi. “Ini mungkin berhubungan dengan tradisi-tradisi yang masih sangat dipercaya oleh Umat Buddha,”jelasnya. (sep)

LEAVE A REPLY