Pekerja Lapangan Rentan Terserang Maag

0
660
Man with stomacha che

 

 

 

 

 

 


RADAR PALEMBANG   –
Memiliki pekerjaan yang lebih sering turun kelapangan dan tidak mengenal waktu, berdampak buruk terhadap kondisi kesehatan. Oleh karena itu, tidak jarang pekerja lapangan mengalami kesulitan dalam mengatur pola makan dan istirahat yang seimbang. Akibatnya banyak mengalami sakit maag, akibat pola makan yang tidak teratur. “Sakit maag adalah istilah yang menggambarkan nyeri yang berasal dari lambung, usus halus, atau bahkan kerongkongan akibat sejumlah kondisi. Dan memang kebanyakan pekerja lapangan sering mengalami sakit maag,” ujar Dr Hj Erly Yani MKes MM, kemarin (29/12)

Menurut Dr Erly, sakit maag bisa disebabkan oleh banyak hal, di antaranya akibat luka terbuka yang muncul di lapisan dalam lambung, infeksi bakteri helicobacter pylori, efek samping penggunaan obat antiinflamasi nonsteroid (OAINS), dan stres. “Meskipun sebagian besar sakit maag bisa ditangani tanpa perlu berkonsultasi kepada dokter, namun pemeriksaan dokter medis tetap perlu dilakukan jika sakit maag disertai dengan muntah-muntah, sulit menelan dan mengalami penurunan berat badan,” terang Dr Erly yang juga menjabat Kepala Dinas Kesehatan OKU Timur.

Untuk itu, dirinya menyarankan kepada penderita penyakit maag untuk menjaga pola makan yang baik dan teratur. Sesibuk apapun aktivitas yang dilakukan, agar tidak lupa untuk menjaga pola makan dan beristirahat dengan cukup. “Kemudian jangan lupa untuk menyiapkan obat maag yang bisa didapat di apotik yang tentunya dengan resep dan petunjuk dokter,” pungkasnya.(awa)

 

LEAVE A REPLY