Pastikan Pilar Batas Antar Kabupaten

0
179

RADAR PALEMBANG – Pemerintahan Kabupaten OKU Selatan melalui Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra, Joni Rafles, hadiri pengungkit batas daerah penghubung antar Kabupaten OKU Timur dengan OKU Selatan Provinsi Sumatera Selatan 2021, kemarin (6/4).

Pengungkit ini telah dilakukan pengkajian penentuan titik-titik koordinat pilar batas antara Kabupaten OKU Selatan dengan OKU Timur pada Sub Segmen Gapura Titik Koordinat 2a, Titik Koordinat 2b, PBU 2 yang terletak di perbatasan Desa Baturaja Bungin, Kecamatan Bunga Mayang, OKU Timur dengan Desa Simpangan, Kecamatan Simpang Kabupaten OKU Selatan.

Penentuan titik koordinat ini menggunakan GPS Geodetic Spectra Precision EPOCH-10 sebagai alat pengukuran, dengan menggunakan metode pengukuran Single-Frecuency (L1). Masalah batas daerah merupakan masalah yang sangat kompleks dan akan selalu menimbulkan konflik.

Permasalahan batas daerah ini erat kaitannya dengan potensi sumber daya alam (SDA) maupun sumber daya manusia (SDM), jumlah penduduk yang bertambah bertambah, sementara luas tanah atau daerah tidak akan bertambah.

Secara umum, batas dapat diartikan sebagai pemisah antara dua bidang, dua ruang, dua daerah, dan sebagainya Batas-batas tersebut harus bisa di visualisasikan secara nyata sehingga perlu diberi tanda, yaitu tanda batas.

Kegiatan ini dilaksanakan sebagai tindak lanjut Surat Kementerian Dalam Negeri RI Dirjen Bina Administrasi Kewilayahan terkait Batas Wilayah Kabupaten.  Selanjutnya hasil dari pengungkit ini akan dilakukan Analisisa dan pembahasan di Kemendagri pada waktu yang akan ditentukan Pemerintah Pusat.

Kegiatan ini dihadiri juga para Kepala OPD, Kepala Kantor Pertanahan, Kepala UPTD KPH Wilayah VII Mekakau Saka, Kabag Tapem, Hukum, Camat Simpang, serta para undangan lainnya. (ags)

LEAVE A REPLY