PT BA Siap Pasokan PLTU Banjarsari Selama 30 Tahun

0
1045

 

 

RADAR PALEMBANG – PT Bukit Asam Tbk siap memasok kebutuhan batubara Pembangkit Listrik Tenaga Uap Mulut Tambang Banjarsari di Merapi Timur, Lahat, Sumatera Selatan selama 30 tahun.

Direktur Utama PT Bukit Pembangkit Innovative (BPI) Dadan Kuswandana di Palembang, akhir pekan ini mengatakan, kepastian mengenai pasokan bahan bakar itu karena Bukit Asam juga memiliki PLTU Banjarsari, selain dua perusahaan lainnya yakni PT PLN dan PT Navigate Innovate Indonesia.

Ketiga perusahaan tersebut membentuk PT BPI. Setiap perusahaan memiliki tugas masing-masing yakni Bukit Asam yang menjamin asupan batubara, PLN untuk menyediakan tenaga ahli dan mengawal teknologinya, dan Navigate sebagai manajemen perusahaan.

“Bahan bakar yang akan digunakan adalah batubara dari daerah setempat, yang akan disediakan PT Bukit Asam dengan kandungan kalori antara 4.500 kcal/kg sampai dengan 6.000 kcal/kg,” kata dia.

Ia mengemukakan, dari investasi yang ditanam mencapai 200 juta dolar Amerika Serikat, diperkirakan pada tahun ke-10 akan balik modal, sementara kerja sama dengan PT PLN sendiri disepakati selama 30 tahun untuk penjualan energi.

Terkait dengan waktu pengoperasian PLTU, ia mengatakan diperkirakan pada 2015 karena sudah memasuki tahapan uji coba terakhir. “Sudah dilakukan beberapa kali uji coba untuk mematangkan persiapan ‘start up’,” kata Dadan.

PLTU Banjarsari memiliki dua unit pembangkit berkapasitas 115 MW yang nantinya sebagian energinya akan dikirim juga ke luar Sumsel. Energi yang dihasilkan itu dikirimkan ke luar Sumatera Selatan karena daerah asal dalam keadaan surplus. (tar/in)

LEAVE A REPLY