Pasar Temanggung Sepi Pengunjung

0
1167

 

RADAR PALEMBANG – Di hari raya Imlek 2556, Kamis (19/2) Pasar Temanggung di Jalan Sayangan terlihat sepi dari aktivitas layaknya pasar lain di kota Palembang. Sepinya aktivitas di Pasar Buah atau Temanggung dikarenakan para pemilik toko merayakan Imlek.

Pasar yang mayoritas pemilik toko serta pengunjungnya berasal dari kalangan etnis Tionghoa di Palembang itu jika hari biasa banyak etnis Tionghoa yang beraktivitas di pasar ini. Mulai dari membuka dagangan hingga berbelanja. Namun pada saat hari raya Imlek aktivitas di Pasar Temanggung sepi baik itu dari pedagang maupun pengunjung yang berbelanja. “Pasar ini terkenal dengan pasar etnis Tionghoa karena umumnya banyak pengunjung dari kalangan warga keturunan,” Kata Edison,  petugas parkir di Pasar Temanggung.

Hanya terdapat beberapa pedagang yang membuka dagangan. Saat hari Imlek, Kamis (19/2) hingga pukul delapan pagi pasar sudah berangsur sepi, karena pedagang dan pemilik toko di kawasan tersebut merayakan hari Imlek di rumahnya.

Petugas security di Pasar Temanggung tersebut, Andi, membenarkan jika di hari Imlek aktivitas pasar ini sepi. Baik itu dari pedagang maupun pembeli. Hanya ada beberapa pedagang kaki lima yang menjual dagangannya.

Menurutnya, berdasarkan pengalaman tahun lalu aktivitas di pasar ini akan ramai tiga hari setelah Imlek. Para pemilik toko serta pedagang kaki lima juga para pengunjung akan mulai ramai berdatangan untuk berbelanja kebutuhan pokok di pasar ini. “Diperkirakan minggu mendatang aktivitas di pasar ini akan mulai ramai lagi karena pengalaman tahun sebelumnya, tiga hari setelah Imlek aktivitas akan berjalan normal,” ungkapnya.

Berdasarkan pantauan koran ini di dua pasar, yakni Pasar Temanggung dan pasar 16 Ilir. Di Pasar 16 ilir aktivitas ramai seperti hari-hari biasa, namun toko yang pemiliknya etnis Tionghoa terlihat tutup. Sedangkan di Pasar Temanggung aktivitas di dalam pasar sepi baik dari pengunjung maupun perdagang. (ben)

 

LEAVE A REPLY