Pantau Macet Via Gadget

0
2299

 

RADAR PALEMBANG – Tingkat kemacetan yang semakin parah di sejumlah titik di ruas jalan Palembang, membuat Dinas Tata Kota segera mengusulkan pengoptimalan website pemerintah kota (Pemkot) Palembang untuk dapat memberikan informasi mengenai kondisi lalu lintas. Bahkan, sejumlah titik macet pun direncanakan dapat dipantau hanya melalui smartphone yang hampir dimiliki sebagian besar masyarakat Palembang.

Isnaini Madani Kepala Dinas Tata Kota Palembang
Isnaini Madani Kepala Dinas Tata Kota Palembang

Kepala Dinas Tata Kota Palembang, Isnaini Madani mengatakan, sebenarnya kemacetan dapat dipantau di smartphone tentunya dukungan sejumlah CCTV. Nantinya, hasil gambar yang terekam CCTV dapat diakses masyarakat melalui website www.palembang.go.id bahkan melalui Gadget yang dimiliki.

“ Namun, memang harus disebar CCTV di sejumlah titik, khususnya yang rawan macet seperti di sejumlah persimpangan. Hanya saja, saat ini belum ada CCTV yang difungsikan untuk menginformasikan kemacetan yang terjadi,”kata dia, kemarin.

Informasi yang didapat masyarakat mengenai kondisi lalin ini akan sangat penting bagi mereka yang berusaha menghindari titik kemacetan. “Jadi, ketika misalnya kita ingin lewat simpang Charitas dan ternyata macet, mungkin kita bisa mencari jalan alternatif lainnya,” terangnya.

Tidak hanya untuk pantauan titik kemacetan, website tersebut akan dimanfaatkan Distakot untuk proses pengurusan Izin Mendirikan Bangunan (IMB) secara online yang direncanakan dapat dimulai akhir Oktober mendatang. Saat ini, Distakot masih memproses untuk mengubah format peta pembangunan kota Palembang yang saat ini masih dalam bentuk lembaran.

“ Harus kami digitasi (proses menjadikan digital) terlebih dulu, karena yang ada saat ini masih berbentuk lembaran. Karena sistemnya online, tentu petanya harus berbentuk digital,” ucapnya.

Sistem online ini pun tidak hanya akan mempermudah masyarakat, tetapi juga secara administrasi di lingkup Dinas Tata Kota akan lebih mudah.

“ Misalnya saya ingin mengecek IMB yang diurus sudah sampai mana, tinggal buka saja,” katanya. Pengusul IMB pun juga dapat mengecek serta akan disediakan dialogue box dimana mereka dapat mengecek sendiri proses pengurusan IMBnya. “Jadi, bisa periksa sendiri. Atau ada pertanyaan dan keluhan, dapat dicantumkan di dialogue box yang paling lambat 1×24 jam akan dijawab operator,” pungkasnya.(tma)

LEAVE A REPLY