Palembang Borong Penghargaan Adiwiyata

0
739

 

RADAR PALEMBANG peringatan Hari Lingkungan Hidup se-dunia (HLHS) tingkat provinsi Sumatera Selatan yang digelar di Kabupaten Muara Enim, Palembang berhasil memborong penghargaan sekolah Adiwiyata tingkat provinsi, Rabu  (10/6).

Tercatat ada 20 sekolah dari wilayah Kota Palembang, mulai jenjang SD, SMP, dan SMA sederajat. Jumlah ini mencapai 60 persen dari total sekolah penerima Adiwiyata dari seluruh Kabupaten/Kota se-Sumatera Selatan.

Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Kota Palembang, Ahmad Zulinto yang turut hadir pada acara tersebut mengatakan, penghargaan yang diterima oleh sekolah-sekolah di Palembang ini merupakan hasil kerja keras dari sekolah bekerjasama dengan Disdikpora dan BLH Kota Palembang dalam menerapkan program yang dicanangkan sekolah adiwiyata.

“Ke depan kami berharap sekolah-sekolah ini tidak hanya berprestasi tingkat provinsi, tapi target kami sekolah ini akan meraih penghargaan Adiwiyata tingkat nasional, yaitu Adiwiyata mandiri,” terang Ahmad Zulinto.

Ahmad Zulinto menambahkan, dalam rangka meningkatkan prestasi Adiwiyata, pihaknya menyiapkan perubahan dalam pembinaan sekolah Adiwiyata. “Jika selama ini dalam pembinaan kami memanggil para sekolah untuk dibina, untuk ke depan kami akan lebih optimal lagi dengan menempatkan satu pembina untuk lima sekolah. Dengan demikian diharapkan hasil yang diperoleh dapat maksimal,” ujarnya.

Sementara itu, Wakil Gubernur Sumatera Selatan, H Ishak Meki dalam sambutannya menyampaikan apresiasi kepada para pemenang. “Selamat kepada para penerima penghargaan, semoga menjadi motivasi untuk daerah yang lain. Penghargaan ini sebagai bentuk kepedulian serta dukungan kami untuk mewujudkan lingkungan hidup yang baik,” ujar Ishak Meki.

Penghargaan sekolah Adiwiyata diserahkan langsung oleh Wakil Gubernur Sumatera Selatan, H. Ishak Meki kepada perwakilan sekolah pemenang Adiwiyata. Selain memborong penghargaan sekolah Adwiyata Mandiri, Palembang juga berhasil mendapat peringkat pertama dalam Penyusunan Status Laporan Lingkungan Hidup daerah  terbaik.

Dengan sederet penghargaan yang diterima Kota Palembang dalam acara Hari Lingkungan Hidup se-dunia di Kabupaten Muara Enim tersebut, Palembang menjadi pusat perhatian seluruh tamu undangan dan peserta yang hadir. Mereka turut mengapresiasi dan kagum terhadap pencapaian yang ditorehkan Kota Palembang. (zar)

LEAVE A REPLY