Paguyuban Guang Zhao  Sumsel Rayakan Mooncake Festival

0
618

RADAR PALEMBANG, Ratusan warga suku  Guang  Zhao Sumsel merayakan
Mooncake ( kue bulan) Festival atau Festival Pertengahan Musim Gugur.
di  Central Paviliun dijalan Letkol Iskandar Jumat (13/9).
Ketua Paguyuban Guang Zhao Sumsel Simon Wangdra melalui wakil ketua I Adam Sautin mengatakan, kalau perayaan kue bulan atau festival musim gugur ini rutin digelar selama 5 tahun terakhir oleh pengurus  Paguyuban Guang Zhao Sumsel.

“Kita merayakan tradisi leluhur sekaligus mempertahankan silaturahmi antar pengurus dan anggota paguyuban Guang Zhao, ” Terangnya.
Menurut Adam Sautin,  perayaan ini dilaksanakan pada hari kelima belas bulan delapan pada kalender Tionghoa. “Jika pada tanggalan Masehi biasanya jatuh pada minggu kedua September atau Oktober, “katanya


Adam juga menceritakan tentang sejarah Festival  Kue Bulan  pertama kali digelar pada zaman Dinasti Xia dan Shang (2.000-1.1600 SM). Kemudian pada tahun 1127-1279 M orang mulai melakukan tradisi mengirimkan kue bulan kepada keluarga sebagai simbol keutuhan keluarga. Kemudian, tradisi ini makin lama jadi makin populer. “Keturunan Tionghoa yang menjalankan budayanya dengan erat, saat Mooncake Festival biasanya akan berkumpul bersama keluarga sambil menikmati kue bulan, ” ujarnya.
Sementara itu, pantauan koran ini diacara Mooncake Festival selain makan kue bulan bersama juga disajikan aneka makanan  khas suku Guang Zhao dan digelar lomba mewarnai untuk anak anak. (sep)

LEAVE A REPLY