Pada Momen Pergatian Tahun BNI Siagakan Rp 400 Miliar

0
915

 

RADAR PALEMBANG  – Libur panjang akhir tahun yang berbarengan dengan hari natal membuat perbankan mulai menyetok kebutuhan uang. Pasalnya kemungkinan banyak nasabah yang melakukan penarikan dana untuk keperlian liburan atau berbelanja.

BNI Regional Palembang khusus untuk momentum libur natal dan tahun baru sudah menyiapkan uang cash Rp 400 miliar. Uang ini disiagakan untuk memasok kebutuhan uang di semua ATM yang ada di regional Palembang.

Chief Executive Officer BNI Regonal Palembang Asmoro Hadi mengatakan, setiap tahun ketika ada momentum libur akhir tahun, pengeluaran perbankan untuk mensuplay kebutuhan uang nasabah selalu mengaami grafik peningkatan ketimbang hari biasa, meski tidak sehebat saat hari raya idul fitri, namun dalam sirklus pengeluaran uang bank, liburan akhir tahun merupakan periode terbesar kedua pengeluaran uang dari bank.

‘’“Khusus untuk regional Palembang yang membawahi Jambi, Bengkulu, Bangka Belitung, Lampung dan Palembang kita menyiapkan stok uang tunai Rp400 miliar. Dana ini dipersiapkan hingga 4 Januari saat libur sudah rampung,’’ kata Asmoro.

Meski momentum libur akhir tahun saat ini tidak terlalu booming, karena ternyata banyak masyarakat yang menghabiskan libur di dalam kota, namun BNI tetap mengantisipasi kebutuhan uang, sebab meski tidak jalan-jalan keluar kota, namun kebiasaan masyarakat selalu menghabiskan waktu libur di pusat perbelanjaan, makanya stok uang yang cukup besar kita alokasikan untuk mesuplay kebutuhan uang di ATM yang ada dipusat perbelanjaan.

‘’Mall merupakan tranfik transaksi ATM terbesar dair semua mesin yang ada, sebab setiap hari ribuah transaksi dilakukan untuk satu mesin yang ada di pusat perbelanjaan. Dalam mengantisipasi stok uang di ATM agar tidak kosong, kita sudah memiliki satu tim khusus yang bertugas siaga mengontrol kondisi ATM, ketika stok uang yang ada di dalam mesin tersisa kurang dari seperempat, tim ini akan langsung meluncur untuk menambah stok uang,’’ bebernya.

Menurutnya, saat ini BNI memiliki 786 ATM yang tersebar di lima provinsi. BNI memastikan selama momen libur akhir tahun semua ATM tidak akan menglami kekosongan uang, sebab tim khusus di ada akan bekerja mobile selama 24 jam untuk mengontrol transaksi.

Meski memstikan semua ATM tidak akan mengalami kekosongan uang, namun BNI fokus menjaga mesin ATM yang berada di pusat perbelanjaan, sebab ketika momentum libur, arus kunjungan masyarakat ke mal meningkat drastis, kondisi ini tentu mengharuskan BNI menjaga betul-betul mesin, meski intensitas jumlah mesih tidak bisa ditambah, namun BNI melakukan pengamatan khusus untuk semua mesin ATM yang ada di mall.

‘’Ketika orang mau melakukan penarikan di mal sementara mesin kosong, tentu kekecewaan berat dialami nasabah, kita tidak ingin hal ini terjadi, makanya kita jamin ATM yang ada di mall tidak akan kosong,’’ katanya.

Menurutnya, stok uang Rp400 milir merupakan kebutuhan minimum, ketika dalam prakteknya ada kekurangan, sementara waktu libur masih ada, tentu BNI siap untuk menggelontorkan uang lagi. ‘’Pokonya kita  jamin tidak akan ada kekurangan uang, jumlah Rp 400 miliar ini sudah kita pertimbangkan dengan realisasi tahun lalu yang sudah kita tambah stoknya,’’ jelasnya. (iam)

 

LEAVE A REPLY